Manado

Cegah Varian Omicron, AARS Pinta Warga Manado Segera Vaksin

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Epidemiolog asal Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman meminta pemerintah dan masyarakat lebih waspada. Sebab, varian Omicron lebih cepat menular ketimbang varian Delta.

Ia tidak ingin kejadian varian Delta yang mengakibatkan meninggalnya ribuan orang di Indonesia terulang kembali.

“Varian yang lebih cepat menular itu akan memiliki dampak publik health yang besar, karena proporsi orang sakit akan banyak di kelompok usia, termasuk dalam hal ini kelompok yang rawan seperti lansia, komorbid, disabilitas, dan anak. Nah ini yang terbukti terjadi di Delta,” kata Dicky saat dihubungi, Jumat (17/12), seperti yang dilansir dari Sindonews.com.

Berbarengan dengan itu, ditemukan juga kasus baru varian Omicron yang masuk Indonesia dengan menulari salah seorang petugas kebersihan di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, seperti yang diumumkan Pemerintah pusat  melalui Kementerian Kesehatan ( Kemenkes).

Terpisah, Pemerintah Kota Manado lewat Wali kota Andrei Angouw dan Wakil Wali kota Richard Sualang langsung mengambil langkah antisipasi agar varian Omicron ini tidak banyak menulari warga, lewat digalakan terus Proses vaksinasi.

“Vaksinasi untuk seluruh warga Manado merupakan salah satu cara menangkal penyebaran varian Omricon ini, karena lewat vaksinasi akan mempercepat membentuk sistem kekebalan di tubuh kita,” kata Wali Kota AA.

Andrei bilang, Vaksinasi akan mempercepat terbentuknya Herd Immunity di kelompok masyarakat, sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran virus ini.

Dia juga meminta warga yang baru 1 kali vaksin, agar segera menuntaskan vaksinasi sampai 2 kali. Bagi warga yang belum sama sekali divaksin agar segera ikut vaksinasi.

“Marilah kita bersama-sama memutus mata rantai penyebaran virus C19 ini lewat vaksinasi dan selalu ikut protokol kesehatan dengan memakai masker, rajin cuci tangan dan berolahraga,” ajaknya.(*/gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s