Minahasa

Komisi I DPRD Minahasa Gelar RDP Dengan Pemkab Terkait Pilhut

MINAHASA – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa undang Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) lakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) guna membahas sejumlah program dan salah satunya soal Pemilihan Hukum Tua (Pilhut).

Menurut ketua komisi I Jeffri Wakari, rapat dengan PMD terkait Pilhut disebabkan sejumlah Kumtua di Minahasa masa jabatannya telah habis, dan belum lama ini telah di bentuk panitia Pilhut oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Rapat bersama Dinas PMD dilaksanakan karena informasi yang kami terima, pembentukan panitia Pilhut sudah dilaksanakan oleh BPD. Untuk itu, kami menanyakan tahapan-tahapan seperti apa yang sudah dilakukan, sehingga dalam waktu dekat ini 98 desa di Minahasa akan melaksanakan pemilihan kepala desa,”kata Wakari kepada sejumlah wartawan usai rapat dengar pendapat di ruang komisi I, Senin (14/3/2022).

Dilanjutkan Wakari, Dinas PMD diundang untuk menjelaskan soal tahapan-tahapan Pilhut. Karena, pembahasan pemilihan kepala desa dibahas anggota DPRD Minahasa sampai penentuan anggarannya.

“Kami berkewajiban menanyakan pelaksanaan Pilhut sampai pada proses tahapan-tahapan. Sebab, pemilihan tersebut kami yang bahas di dewan sampai anggarannya diketuk. Untuk itu, disampaikan terima kasih kepada Dinas PMD atas penjelasanya, karena hal ini sudah menjadi tugas dan fungsi kontrol kami untuk mengawas pelaksanaan pemilihan tersebut. Selain membahas Pilhut, Dandes dan BLT juga masuk dalam pembahasan komisi I,”tutup Wakari.

Sementara itu, Kadis PMD Jeffry Tangkulung, menuturkan pihak DPRD Minahasa dalam hal ini Komisi I mengundang kami rapat, karena pelaksanaan Pilhut di 98 desa akan bergulir dalam waktu dekat ini.

“Saya sudah menjelaskan proses tahapan-tahapan pemilihan kepala desa kepada mereka, dan dipastikan dalam waktu dekat ini Pilhut di 98 desa akan berlangung. Kemudian meminta kepada komisi I DPRD untuk dapat membantu panitia pemilihan tingkat kabupaten maupun desa dalam melalukan pendampingan dan pengawasan agar pelaksaan Pilhut bisa berjalan baik sampai pada pelantikan,”pungkasnya. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s