Minahasa

Cegah Stunting, Wabup Dondokambey minta penyuluh KB harus lebih inovatif

Minahasa – Untuk menurunkan angka stunting atau kondisi gizi buruk pada balita, seluruh tim penyuluh Keluarga Berencana (KB) harus lebih inovatif dalam mengemas materi sosialisasi untuk masyarakat. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Minahasa Dr. Robby Dondokambey,Asli, MM saat menghadiri Penyuluhan Program KB Sebagai Upaya Pencegahan Stunting di Desa Wasian Kecamatan Kakas Barat, Kamis (7/7/2022)

“Pentingnya kreatifitas SDM penyuluh KB dalam menciptakan materi sosialisasi. Sehingga pesan komunikasinya dapat diterima masyarakat untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yakni bagaimana para ibu di Kabupaten Minahasa memiliki edukasi yang bagus tentang upaya pencegahan stunting di lingkungan masing-masing,” ungkp Wabup Dondokambey.

Dilanjutkan, pembinaan dan penyuluhan dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orangtua dan kader kelompok Bina Keluarga Balita untuk mengasuh serta membina tumbuh kembang anak. “Upaya tersebut melalui kegiatan stimulasi fisik, mental, intelektual, emosional, spiritual, sosial dan moral,” tuturnya.

Ditambahkan Wabup Dondokambey, penanganan stunting dan program keluarga berencana adalah tugas bersama. Sehingga semuanya harus saling mendukung, terutama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkaitan, sehingga muncul keluarga yang kuat dan berdaya.

“Maka dari itu butuh kolaborasi dari semua OPD, sehingga ada supporting kegiatan untuk mengurangi stunting,” jelas Wakil Bupati yang didampingi Kadis PP dan KB Syultje Panambunan, SE, MAP.

Sementara Wakil Ketua TP PKK Minahasa Martina Dondokambey Lengkong mengharapkan dengan adanya kegiatan pembinaan dan Penyuluhan yang berkesinambungan yang dilakukan Dinas PP dan KB tidak hanya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), tetapi juga diharapkan mampu mencetak generasi masa depan yang sehat dan punya gizi yang cukup.

“Seiring masih adanya kasus Stunting di wilayah kabupaten minahasa para orang tua dan kader penyuluh diharapkan bahu membahu mengupayakan pencegahan terjadinya kasus Stunting sejak dini,” tutur istri tercinta Wakil Bupati Robby Dondokambey ini. (Christian Tangkere)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s