Ijazah Diverifikasi KPU, ROR Lulusan S2 UNSRAT Manado RD S1 UGM Jogjakarta

Minahasa – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, Rabu (24/1) siang, mendatangi Universitas Negeri Sam Ratulangi (Samrat) Manado, dalam rangka melakukan verifikasi faktual terhadap keabsahan Ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA), Strata satu (S1) dan Magister (S2) bakal calon (Balon) wakil  Bupati Minahasa periode 2018-2023, Ir. Royke Oktavianus Roring, M.Si

20180126_184336

Tim verifikasi KPU Minahasa yang dipimpin komisioner devisi umum anggaran logistik, Dra. Wiesje Wilar, M.Si mendatangi Fakultas Teknik (Fatek) dan Pasca Sarja sekitar pukul 12.30 Wita dan diterimah oleh WD 1, Ir. Steenie E. Wallah, M.Si, Ph.D diruang kerjanya.

Dalam verifikasi tersebut, Wallah menjelaskan, keabsahan Ijasah S1 Royke Oktavianus Roring resmi terdaftar dan mempunyai nomor register di Fatek.

“Memang benar beliau alumni Fatek dan keabsahan Ijazahnya falid dan mempunyai nomor registrasi,” terangnya.

Sedangkan untuk keabsahan Ijazah S2, Direktur Pasca Sarjana Unsrat melalui pejabat Sekretariat, Stenly Jacobis membenarkan Roring merupakan lulusan Magister di Universitas Sam Ratulangi Manado.

“Roring merupakan masiswa pasca sarjana unsrat yang terdaftar tahun 1996. Dan dia lulus 11 September 1999. Inti keabsahan Ijazah adalah nomornya tertulis jelas dan legalisir,” pungkasnya.

Disisi lain KPU Kabupaten Minahasa, Kamis (25/01/2018) pukul 09:00  mendatangi Kantor pusat administrasi Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada propinsi Jogjakarta dalam rangka  melakukan Verifikasi Faktual keabsahan Ijazah Bakal Calon Bupati Minahasa Ir Robby Dondokambey,dalam rangka memenuhi kelengkapan administrasi.

20180126_184246

Tim KPU Minahasa yang di pimpin dua komisioner KPU yaitu Ketua Divisi SDM dan Parmas Kristoforus Ngantung. S. Fils, Ketua Divisi Perencanaan dan Data Lord A Malonda Spd , di terima langsung dan bertatap muka dengan kepala seksi urusan adminstrasi Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta.

Kepala seksi urusan Adminstrasi Fakultas Geografi  Nur Aini Farida S. IP. M.PA  saat di wawancarai  membenarkan Robby Dondokambey pernah kuliah dan lulus di fakultas Geografi  sebagai mahasiswa tugas belajar.

“benar kalau Robby Dondokambey sebagai mahasiswa tugas belajar di Fakultas Geografi di UGM  sejak tahun 1990 sampai selesai pada tahun 1993 dan di wisuda pada februari 1994, ini setelah di lakukan pemeriksaan dan registrasi nomor ijasah dan ternyata  ia benar lulusan dan sekaligus alumni Fakultas Geografi pada Universitas Gajah Mada (UGM) “Terangnya.

Komisioner KPU Minahasa Divisi SDM Kristoforus Ngantung S. Fils  mengatakan, kedatangan dirinya  adalah bagian dari tugas KPU untuk memastikan bahwa Paslon atas nama Robby Dondokambey adalah lulusan Fakultas Geografi UGM  Jogya. “ujar Ngantung.

Sementara komisioner KPU Divisi Data Lord A Malonda  SPd ,berdasarkan PKPU 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati,  dan/atau Walikota dan Wakil Bupati,  sebagaimana dirubah dengan PKPU 15 tahun 2018 maka KPU.

“Minahasa setelah menerima dokumen syarat calon beserta lampirannya segera melakukan penelitian persyaratan administrasi dengan melakukan klarifikasi kepada instansi/lembaga yang berwenang atas kebenaran ijazah yang berkaitan dengan syarat calon sebagai Bupati/Wakil Bupati,”ungkap Malonda. (Red*01)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s