Diduga Selewengkan Dana Desa, Oknum Kumtua Kembes Satu di Laporkan ke Kejari Minahasa

Tondano – Sejumlah masyarakat Desa Kembes Satu melaporkan Audy Evert Kindangen, Oknum Kumtua Kembes Satu Kecamatan Tombulu Kabupaten Minahasa ke Kejaksaan Negeri Minahasa, Kamis 3/10/19.

“Kami melaporkan Oknum Kumtua tersebut karena diduga melakukan penyalahgunaan ratusan juta pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Desa dalam hal ini Alokasi Dana Desa dan Dana Desa dari tahun 2017, 2018, dan semester satu tahap satu dan dua tahun 2019,” ungkap Fanky Mamuaja sebagai pelapor didampingi Arkeleus Kindangen, Rudy Kaunang, Johny Undap, Agus Senduk.

LAPORAN PENYELEWENAGN DANA DESA KEMBES SATU FOTO 2

Mamuaja menjelaskan bahwa masyarakat menilai ada beberapa pelanggaran baik dalam tugas pokok dan fungsi sebagai kuntua dan juga dalam pengelolaan keuangan di desa dimana banyak pembangunan pembangunan diduga di mark up. “Dalam pekerjaannya tidak sesuai dengan volume yang tertata dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) seperti sewa alat excavator dengan biaya 8 juta, yang seharusnay memakai PC 200 tapi yang digunakan hanya excavator mini sehinnga hanya jadi 2.5 juta. Kemudian dianggarkan sewa jam bukan sewa hari,” paparnya.

Mamuaja yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Desa semasa Kuntua Rudy Kaunang melanjutkan bahwa pada tahun 2019 juga terjadi hal yang sama sehinnga masyarakat sudah sempat menegur agar memakai alat yang sesuai karena penganggarannya cukup besar 28 juta, namun kuntua tidak menghiraukan sehingga ada penyimpangan sebesar 18 juta.

“Selain itu ada juga bangunan jembatan yang sudah dibangun oleh kuntua sebelumya sekitar 10 tahun lalu namum dibuat dan dipoles supaya agar terlihat dibangun dari Nol. Apabila diperiksa pasti akan diketahui dan masih banyak lagi penyimpangan penyimpangan yang terjadi dan itu semua sudah ada dalam berkas laporan,” jelasnya Mamuaja sambil berharap laporannya bersama masyarakat untuk di tindaklanjuti oleh kejaksaan negeri minahasa karena laporan ini diajukan berdasarkan bukti fakta dan data yang tentunya siap di pertanggung jawabkan.

[Christian*Tim]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s