James Sumendap Kans Kuat Jadi Walikota Manado

Manado – Pemilihan Walikota (Pilwako) Manado tahun 2020 semakin dekat, kabar berhembus semakin kencang terkait siapa para calon yang akan maju.

Salah satu kandidat kuatpun muncul, namanya disebut dialah James Sumendap. Ia bupati aktif di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), yang masuk periode ke-2 dalam memimpin daerah pemekaran yang terbilang sangat maju walaupun masih berusia 12 tahun itu.

Bukan sekedar kabar burung, signal dukungan terhadap Politisi kawakan yang dijuluki Gladiator Politik itu mulai nampak. Salah satunya dari petinggi partai politik, Ketua DPD Golkar Sulut Christiany Eugenia Paruntu.

“Semua tidak menutup kemungkinan dan semua masih ada peluang,” ungkap Paruntu ketika disinggung nama James Sumendap oleh pertanyaan awak media yang menjumpainya usai acara BPK di Manado akhir pekan kemarin.

Ia menjelaskan, Partai Golkar sekarang ini masih sementara menjaring calon yang hendak diusung dalam ajang kontestasi kepala daerah. Selain Minahasa Selatan (Minsel) yang sudah pasti mengusung Michaela Elsenia Paruntu (MEP).

“Untuk Manado Golkar belum ada (calon Pilwako). Jadi, tunggu penjaringan saja,” ungkapnya.

Ketika disinggung soal nama James Sumendap, Paruntu dengan nada bercanda menyebut Bupati Mitra tersebut sebagai spesialis kotak kosong. Ia juga tak menampik peluang koalisi dua partai besar di Sulut yaitu antara Golkar dan PDIP.

“Dari dulu Kotak Kosong terus, baik di Mitra atau mau masuk Manado cita-citanya lawan kotak kosong,” sebutnya.

Sementara itu James Sumendap mengatakan dirinya siap bertarung di Pilwako Manado 2020 jika memang merupakan tugas dari partainya PDIP.

“Siap jika ditugaskan partai, ” ujar Ketua DPC PDIP Minahasa Tenggara itu

Soal bertarung di Pilkada James punya segudang pengalaman. Menang gemilang di Pilkada Mitra 2013 mengalahkan incumbent.
Kemudian tanpa lawan di Pilkada Mitra 2018. James menghadapi kotak kosong dan menang telak.

Politisi bertipe petarung itu ketika disinggung nama Jimmy Rimba Rogi alias Imba calon kuat di Pilkada Manado, James blak-blakan mengung isi kepalanya. Ia menyatakan bukan masalah bila sudah ada calon lainnya yang duluan menyatakan siap maju di Pilwako Manado.

“Ta voor leh pa dia,” ujar James sembari tersenyum.

Istilah ‘voor’ biasa digunakan orang Manado dalam persaingan, artinya memberi kelonggaran atau start duluan kepada lawan.

James menegaskan, sebagai politisi harus loyak ke partai, sehingga ia menanti keputusan. “Saat ini belum masih menunggu, ” ungkap Mantan Anggota DPRD Sulut ini.

Sementara itu tagar maupun foto James Sumendap maju di Pilkada Manado pun sudah ramai di medsos. Hal ini dinilainya sebagai kebebasan hak berpolitik netizen dan tak bisa dibendung dukungan terhadap dirinya.

Di lain pihak, pengamat politik Taufik Tumbelaka mengatakan, sosok James Sumendap dinilainya sangat layak untuk maju di Pilwako. Hal ini dikatakan Tumbelaka berdasar rekam jejak keberhasilan JS dalam kontestasi Pemilihan Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) di dua periode.

“Bupati Mitra ini sangat layak diusung PDIP maju di Pilwako Manado,” tandasnya. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s