Gugatan Pilhut Mitra Jalan di Tempat, Dirk Tolu: Perkara Bisa Gugur

Ratahan – Gugatan terhadap panitia Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) hingga saat ini belum menemui titik terang alias kabur.

Tim Kuasa Hukum Dirk Tolu mengatakan, perkara gugatan terhadap Panitia Pilhut Mitra dinilainya berjalan di tempat, karena hingga kini tim penggugat masih berkutat pada kelengkapan berkas.

“Hingga saat ini masih tahap kelengkapan berkas karena materi gugatan pihak penggugat belum lengkap. Jadi gugatan mereka tidak jelas,” ujar Dirk Tolu, didampingi Daniel Kauntu kemarin Rabu (30/10/2019).

Lanjutnya, atas dasar itu maka sidang masih berlanjut hingga Senin (4/11/2019) pekan depan. Pihaknya sebagai kuasa hukum panitia Pilhut hanya bisa menunggu hingga gugatan jelas, sebelum memberikan jawaban.

“Ini karena kurang pahamnya tim pengacara penggugat ketika melakukan gugatan. Mereka tidak mengerti. ‘Kan syarat utama untuk melakukan gugatan di PTUN harus ada bukti formil (resmi,red), yakni surat keputusan. Kalau tidak ada, yah bisa gugur perkara gugatan tersebut,” sebut Dirk Tolu.

Ia juga menjelaskan, dalam peradilan tata negara yang utama harus ada gugatan masuk dan kelengkapan materi gugatan. Apabila materi gugatan tidak lengkap maka perkara ini bisa gugur dengan sendirinya.

“Makanya kalau bertanya kepada kami penasehat hukum, biar mereka lakukan tugas membuktikan kepada kami akan gugatan yang dilayangkan. Nanti kami gunakan hanya hak jawabnya. Jadi apa yang mau mereka buktikan, nanti kami yang jawab,” tandasnya. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s