Sekretaris Desa Dituntut Kuasai Teknologi di Era Digitalisasi Pemkab Mitra

Ratahan – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Perdes APBDes, RKPDes, dan RPJMDes.

Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Mitra James Sumendap melalui Sekertaris Daerah Mitra Robby Ngongoloy, di Balai Rukun Kelurahan Lowu, pada Rabu (13/11/2019).

Dalam sambutannya Sekda mengatakan, Sekretaris Desa (Sekdes) adalah motor pengerak roda pemerintahan di desa, sehingga dituntut harus tahu semua tentang administrasi pemerintahan desa dan hal lain yang berkaitan. Seperti anggaran, sistem personalia, rencana pembangunan dan sebagainya.

“Sekretaris Desa merupakan motor penggerak di desa, Sekdes harus menguasai semuanya. Baik anggaran, ataupun program dan semuanya yang menyangkut di desa, baru namanya motor,” ujar Sekda Ngongoloy saat membuka kegiatan.

Lanjutnya, para Sekdes harus menguasai detil Program Desa, pelaksanaan dan pertanggungjawabannya. Pembangunan di desa harus sejalan lurus dengan road-map pembangunan Pemkab Mitra.

“Saya sangat mengharapkan peran serta dari para Sekertaris Desa agar dapat menguasai visi dan misinya. Serta harus bisa menyatukan Visi dan Misi dari Bupati Mitra James Sumendap SH,” harapnya

Senada, Kepala Dinas PMD Boyke Akay mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk mempersiapkan aparatur yang betul-betul memahami administrasi desa. Seluruh Sekdes se-Kabupaten Mitra diminta untuk mengembangkan kapasitas diri, dengan mau untuk selalu belajar terhadap perubahan yang berkaitan dengan kecanggihan teknologi. Apalagi kini Pemkab Mitra telah masuk dalam era digitalisasi dengan menerapkan e-government.

“Sekdes merupakan motor pengerak di desa, karena itu Sekdes harus memahami IT. Karena di ere milenial sekarang ini para Sekdes wajib memahami dan mengetahui itu. karena sekarang ini di Kabupaten Mitra seluruh anggarannya sudah memakai non tunai. Jangan sampai ada kesalahan-kesalahan dalam penyusunan produk-produk hukum yang ada di desa masing-masing,” tandasnya.

Kegiatan ini dihadiri para Sekdes se-Kabupaten Mitra, menghadirkan tenaga ahli sebagai narasumber Maxi Alou. (VictoryTB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s