Taman Wisata Alam Batu Angus : Alternatif Destinasi Wisata Baru di Sulawesi Utara

Oleh : Yakub Ambagau

BERDIRI di atas rumah pohon yang ada di tengah-tengah Taman Wisata Alam (TWA) Batu Angus, Kota Bitung, Anda akan disuguhkan pemandangan alam nan indah berupa hamparan alang-alang dan laut biru selat lembeh.

Semilir angin yang berhembus pun akan menambah kenyamanan Anda untuk berlama-lama menikmati suasana TWA Batu Angus dari atas rumah pohon.

Agar tidak menyesal karena ada yang terlewat, anda juga harus mencoba berdiri di setiap sudut rumah pohon, sembari mengambil gambar yang terbaik sebagai kenang-kenangan.

Setelah puas menikmati pemandangan di rumah pohon, Anda bisa memilih untuk menuju ke jembatan biru atau menuju ke jembatan vulkanik. Kedua fitur ini merupakan lokasi yang sangat instagramable karena memiliki banyak spot untuk berswafoto.

Saran saya, siapkan ruang yang cukup di memori kamera atau telepon pintar Anda, supaya dapat mengambil gambar sebanyak-banyaknya. Berdiri di atas jembatan biru (jembatan apung), Anda dapat menikmati pemandangan air laut hall Batu Angus yang bening dan tenang.

Anda tidak perlu takut dengan goncangan ombak, karena sepanjang tahun, tidak ada ombak di hall Batu Angus. Kalau beruntung sesekali Anda akan melihat berbagai jenis ikan yang berwarna-warni berenang kesana kemari di sekitar jembatan biru.

Sayangnya, Anda tidak diperbolehkan untuk mengambil ikan-ikan disini, walaupun kelihatannya sangat menarik untuk dibawa pulang, karena TWA Batu Angus merupakan kawasan konservasi.

Kondisi jembatan biru yang mengapung di atas laut yang tenang, akan memanjakan Anda untuk mengabadikan moment-moment terbaik selama di berada di hall Batu Angus.

Di lokasi jembatan vulkanik, Anda akan menikmati pemandangan yang sedikit berbeda berupa hamparan batu hitam (angus) yang tiada duanya.

Anda dapat berjalan-jalan di atas jembatan kayu yang eksotik yang panjangnya mencapai sekitar 400 meter yang dikelilingi batuan vulkanik berbagai bentuk dan ukuran, sambil mengambil gambar sepuasnya.

Sesekali Anda akan bertemu dengan rombongan atau pengunjung lain yang sementara cekikikan karena sedang asyik mengambil foto di sepanjang jembatan.

Kalau masih ada sisa waktu, bagi yang hobbi mandi atau snorkling, Anda bisa menuju ke pantai Batu Angus.

Tersedia peralatan sederhana untuk snorkling yang bisa Anda sewa dengan harga yang sangat terjangkau. Pantai Batu Angus memiliki karakter yang berbeda dengan pantai pada umumnya.

Di pantai Batu Angus Anda tidak akan menemukan pasir putih seperti di pantai-pantai yang lain, tapi di tempat ini Anda akan menemukan hamparan kerikil yang unik yang bentuknya semuanya hampir sama dan seukuran.

Anda bisa duduk-duduk atau tiduran di atasnya tanpa kuatir kotor karena kerikilnya sangat bersih.

Bagi yang suka tantangan lebih, Anda bisa mendaki gunung botak/gunung licin yang ada di TWA Batu Angus. Dari puncak gunung botak, Anda akan menikmati pemandangan berupa hamparan padang ilalang TWA Batu Angus dan lalu lalang berbagai jenis kapal yang melewati selat lembeh.

Setelah puas menikmati suasana gunung botak, Anda dapat mengamati berbagai jenis burung sambil berjalan-jalan santai dibawah tajuk hutan primer yang sejuk di bagian utara TWA Batu Angus.

Sewaktu-waktu Anda bisa berjumpa dengan sekelompok monyet yaki (Macaca nigra) yang mendiami wilayah Utara TWA Batu Angus.

Kalau mau menginap di sekitar TWA Batu Angus, Anda tidak perlu kuatir. Tersedia cottage kurang lebih 100 meter dari pintu gerbang TWA Batu Angus. Atau Anda juga bisa menginap di beberapa hotel dengan harga yang cukup terjangkau yang ada di Kota Bitung.

Jarak TWA Batu Angus dengan Kota Bitung hanya sekitar 7 km atau sekitar 20 menit dengan mobil atau motor. Jalan menuju obyek wisata TWA Batu Angus merupakan jalan aspal yang cukup bagus.

Walaupun agak sempit, Anda tidak perlu khawatir karena mobil masih bisa berpapasan dan tetap bisa melaju dengan kecepatan standar.

Untuk menikmati seluruh spot-spot wisata yang ada di dalam kawasan TWA Batu Angus Anda hanya perlu membayar karcis masuk pengunjung nusantara sebesar Rp. 5.000,-.

Jika Anda berkunjung pada hari libur maka Anda akan dikenakan tarif tambahan sebesar Rp. 2.500,-, sehingga Anda harus membayar karcis masuk sebesar Rp. 7.500,-.

Harga yang sangat terjangkau dengan tawaran obyek wisata yang cukup banyak. Kalau tidak mau capek jalan kaki menuju setiap spot wisata yang ada, Anda diperkenankan membawa kendaraan, dengan tambahan biaya Rp. 10.000 untuk roda empat dan Rp. 5.000 untuk roda dua.

Harga karcis masuk pengunjung nusantara jauh lebih murah dibandingkan dengan pengunjung mancanegara. Pengunjung mancanegara harus rela merogo kocek sebesar Rp. 100.000 untuk sekali berkunjung pada hari kerja.

Kalau berkunjung pada hari libur, pengunjung mancanegara harus membayar sebesar Rp. 150.000,- sekali masuk.

Kawasan TWA Batu Angus merupakan kawasan konservasi di bawah kewenangan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Utara, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.K

awasan konservasi ini ditunjuk sebagai TWA pada tahun 1981. Sampai tahun 2015 atau sekitar 34 tahun, kawasan ini tidak pernah dikunjungi oleh wisatawan, namun sejak empat tahun terakhir lokasi ini terus berbenah dan menjadi salah satu obyek wisata yang paling banyak dicari dan dikunjungi di Sulawesi Utara.

Sampai akhir 2019, TWA Batu Angus telah dikunjungi sekitar 30.000 orang. Pengunjung tidak hanya berasal dari Bitung atau Manado, tapi dari kota lain, dari propinsi lain, bahkan turis mancanegara juga tertarik untuk mengunjungi TWA Batu Angus.

“Saya sudah beberapa kali ke lokasi ini dan sedikitpun saya tidak menemukan kebosanan untuk berlama-lama menikmati suasana TWA Batu Angus. Kini giliran Anda untuk berkunjung. Jangan hanya menjadi pendengar cerita heboh tentang kunjungan teman-teman Anda ke TWA Batu Angus,” kunci Yakub Ambagau.(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s