Ekonomi & Bisnis

September 2020, 2.272 Petugas SP 2020 Bakal Kunjungi Rumah Warga

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Bagi warga masyarakat khususnya wilayah Sulawesi Utara yang belum sempat melakukan Sensus Penduduk (SP) Online 2020, yang berlangsung dari bulan Februari hingga Mei lalu, tak perlu kuatir.

Pasalnya oleh Badan Pusat statistik Sulut, sebanyak 2.272 petugas bakal turun langsung mengunjungi rumah warga untuk melakukan pendataan pada bulan September mendatang.

Kepala Kantor Badan Pusat Statistik Sulut Dr Ateng Hartono menyebut, adapun metode yang akan dilakukan meliputi beberapa hal.

“Pada SP2020 ini, kami akan mencatat semua WNI maupun WNA yang telah atau tinggal selama minimal satu tahun di Indonesia. Sensus akan dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk perwakilan Indonesia yang ada di luar negeri. Metode yang digunakan adalah Sensus Metode Kombinasi, menggunakan data Adminduk sebagai basis data dasar,” sebut Hartono, Kamis(28/8).

Dijelaskannya pula, BPS juga dalam hal ini telah melibatkan 11.000 kepala lingkungan/ketua RT, untuk lebih mempermudah melakukan pendataan. Masyarakat pun diimbau untuk tidak usah panik.

“Dalam pendataan SP 2020 ini, petugas yang turun langsung lapangan sudah kami rapid, dan mereka tetap menerapkan aturan protokol kesehatan,” katanya.

Di rincinya, para petugas SP2020 akan menggunakan APD berupa masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu, pelindung wajah. Dan juga membawa cairan antiseptik berbasis alkohol (hand sanitizer).

“Kami mengimbau mereka untuk mencuci tangan sebelum dan setelah kegiatan,” katanya.

Para petugas menurut Ateng juga akan tetap menjaga jarak minimal satu meter dan tidak akan melibatkan anak-anak atau lansia dan berkerumun.

“Untuk itulah, kami mengimbau kepada masyarakat yang belum sempat ikut SP Online 2020, untuk supaya pada saat melakukan petugas datang bisa langsung melakukan pendataan,” kuncinya.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Manado, Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s