Tomohon

Pemkot Tomohon Lakukan Launching Vaksinasi Covid -19

Tomohon – Pemerintah Kota Tomohon melakukan launching pemberian vaksin untuk pencegahan Covid – 19 yang di laksanakan di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anugerah Tomohon, Jumat (15/1/21).

Kegiatan ini di awali dengan pembacaan laporan oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Deesje Liuw

Pelaksanaan vaksin ini berdasarkan UU no 36 Thn 2009 Tentang kesehatan, yang menyebutkan bahwa vaksinasi merupakan salah satu upaya dalam pencegahan terjadinya penyakit, yg merupakan upaya kesehatan masyarakat yang paling efektif dalam mencegah penyakit berbahaya.

Untuk itu pemerintah Kota Tomohon berkomitmen untuk mengakhiri pandemi ini dengan melakukan vaksinasi dengan vaksin yang aman dan efektif.

Dalam laporannya, Kadis Kesehatan menjelaskan pelaksanaan vaksin ini akan di lakukan dalam beberapa tahapan yakni :

  • pendataan sasaran
  • pendataan faskes dan SDM
  • Registrasi sasaran
  • kesiapan logistik
  • Kesiapan pelaksanaan

Kadis Liuw menambahkan kedatangan vaksin ini, Kota Tomohon merupakan Kota pertama yang mendapat distribusi vaksin tersebut sebanyak 3.100 dosis dengan sasaran 1539 orang/sasaran.
Dan tahapan vaksin ini di mulai sejak bulan Januari 2021 sampai Bulan April 2022 dengan tahapan sebagai berikut :

  • Tahap pertama oleh Tenaga kesehatan
  • Tahap kedua di berikan kepada petugas pelayanan publik, meliputi TNI, POLRI, Aparat Hukum dan Petugas Pelayanan Publik lainnya.
  • tahap 3 diberikan pada bulan April 2021 sampai Maret 2022 kepada masyarakat yang rentan.
    -Tahap 4 di berikan kepada masyarakat pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan cluster sesuai ketersediaan vaksin.

Adapun jumlah SDM Kesehatan sebanyak 1.539 orang, dengan jumlah faskes yang terdaftar yang mampu melaksanakan vaksin sebanyak 11 Faskes, 7 Puskesmas, 3 Rumah sakit dan 1 Klinik, dengan jumlah vaksinator sebanyak 18 orang.

” Sebelum di vaksin, peserta harus melakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan layak di vaksin atau tidak.
Dan jumlah sasaran penerima vaksin untuk saat ini sebanyak 21 sasaran yakni 8 orang dari Forkopimda dan Pejabat dan 13 orang dari pihak Nakes” terang Liuw.

Dikesempatan itu Wali kota Tomohon Jimmy Eman didampingi Wakil Wali Kota Shyerly A Sompotan mengatakan, Pemerintah Kota Tomohon melakukan contoh kepada masyarakat umum akan pentingnya meminimalkan penularan Covid – 19 dengan melakukan vaksin Sinovac dan Walikota pun mengajak masyarakat agar mendukung program ini.

” Mari kita bersama – sama mendukung program pemberian vaksin ini agar kita semua mencapai Herd Immunity sehingga Covid – 19 ini segera tuntas”, ucap Walikota.

Hadir dalam pelaksanaan Vaksin ini, Walikota dan Wakil Walikota Tomohon, Ketua DPRD Kota Tomohon, Kajati Tomohon, Kapolres Tomohon, Sekertaris Daerah Kota Tomohon, para pejabat daerah Tomohon, Kepala BPJS cab. Tondano, Dirut RS Bethesda, Dirut RS Gunung Maria, serta organisasi profesi nakes. (CT/Novita)

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s