Ekonomi & Bisnis

Launching ‘KlasterKu Keren’, BRI Dorong Pertumbuhan Perekonomian UMKM

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Untuk mendorong pertumbuhan perekonomian UMKM, PT Bank Rakyat Indonesia Kanwil Manado, melaunching Program ‘KlasterKu Keren’, Senin(5/4) di FourPoints Hotel by Sheraton Manado.

Regional CEO BRI Kanwil Manado Johm Sarjono menyampaikan program K3 merupakan program yang sejalan dengan strategi bisnis BRI.

“Kami ingin menjadikan klaster usaha sebagai pondasi pertumbuhan yang berkelanjutan bagi UMKM melalui kolaborasi berbagai unsur yang menjunjung tinggi kreatifitas, sehingga terwujud inklusi keuangan yang menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat, program ini kami namakan K3 atau ‘Klaster Ku Keren’,” katanya.

Dia bilang, saat ini sudah terdapat 1 (satu) klaster unggulan di 18 Kantor Cabang di Kanwil BRI Manado dengan sebaran 4 Provinsi.

“Di Provinsi Sulut yakni dengan klaster unggulan di bidan perikanan, Provinsi Gorontalo dengan klaster unggulan jagung dan perikanan darat, Provinsi Sulawesi Tengah dengan klaster unggulan Kopi, dan Provinsi Maluku Utara dengan klaster unggulan bidang perikanan dan pertanian. Kedepannya diharapkan masing-masing Mantri di BRI Unit memiliki klaster binaannya masing-masing sesuai dengan wilayah kerja binaannya,” sebutnya.

Untuk mensukseskan terwujudnya inklusi keuangan yang bisa meningkatkan nilai ekonomi dan nilai sosial di masyarakat, dibutuhkan kolaborasi dan peran dari Bank Indonesia, Pemerintah Daerah serta Dinas terkait bersama seluruh Unit Kerja BRI baik Kantor Wilayah Manado maupun Unit Kerja supervisinya sampai dengan BRI Unit dapat terjalin dengan baik.

Diketahui, dalam mensukseskan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui akses permodalan UMKM dengan KUR, Kanwil BRI Manado khususnya untuk wilayah Sulawesi telah menyalurkan KUR sebesar 246.6 Milyar (14%) s.d. 31 Maret 2021 dari alokasi KUR wilayah Sulawesi Utara sebesar 1,75 Trilyun.

“Hal ini tentu sejalan dengan tagline bisnis mikro BRI dalam situasi pandemi yaitu Tulus memberi Makna karena dapat mendorong konsumsi rumah tangga dan daya beli masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan perekonomian khususnya di sektor UMKM,”tandasnya.

Senior Executive Vice President (SEVP) Operation BRI Muhammad Syafri Rozi turut hadir secara langsung dalam acara Launching Program Klusterku keren (K3) menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pekerja yang bekerja dengan ketulusan tinggi untuk menyelamatkan UMKM sehingga Bank BRI dapat mengubah kesulitan menjadi daya saing baru (new competitive advantage) yang membawa Bank BRI semakin tangguh.

“Selain itu disampaikan juga dalam situasi mempertahankan kinerja agar tetap positif, Bank BRI masih mengambil peran yang besar dalam menyukseskan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) seperti penyaluran stimulus subsidi Bunga, BPUM, KUR Supermikro dan program lainnya yang sangat membantu pelaku UMKM untuk dapat bertahan ditengah pandemi,” ujarnya.

Hal ini sejalan dengan strategi bisnis BRI dalam situasi pandemi yaitu business follows stimulus.

“Karena dengan adanya stimulus dapat mendorong konsumsi rumah tangga dan
daya beli masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan perekonomian,” katanya.

Pada kesempatan ini juga Kanwil BRI Manado melaksanakan Acara Penghargaan Pemenang Sistem Insentif Palampauan Kinerja (SIPK) tahun 2020 di Ballroom Four Points Hotel.

Hadir perwakilan 37 BRI Unit di Wilayah Manado yang berasal dari 4 (empat) Provinsi yakni Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara.

Dari total 200 BRI Unit di Wilayah Manado yang menjadi pemenang yakni ada 37 BRI unit terdiri antara pemenang SIPK Umum, Utama dan Terbaik. Yang menjadi BRI Unit pemenang SIPK Terbaik adalah BRI Unit Balinggi, Kantor Cabang Parigi, Sulawesi Tengah.

Penghargaan Pemenang SIPK ini diberikan setiap tahun kepada pekerja mikro di Seluruh Indonesia tujuannya untuk memberikan apresiasi kepada mereka yang dinilai memenuhi kriteria mencapai prestasi dan pelampauan kinerja dalam satu periode.

“Penghargaan ini juga untuk memberikan motivasi kepada kaunit dan pekerja unit yang belum berhasil. Dengan ini mereka akan terdorong untuk bekerja di tahun berikutnya lebih baik lagi,” tandasnya.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s