Minahasa Selatan

Kadis PMD Minsel, Lumapow: Pergantian aparat desa kewenangan Hukum Tua

MINSEL, SULUTNEWSTV.COM- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, (PMD) Kabupaten Minahasa Selatan, (Minsel) Hendrie Lumapow, tegaskan Amanat Undang – undang yang di jabarkan lewat peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 67 tahun 2017 pergantian aparat desa, adalah kewenangan hukum tua, setelah mendapat rekomendasi kepala wilayah kecamatan (Camat).

Meski begitu, menurut Lumapow, dalam melaksanakan kewenangan di maksud, hukum tua, wajib meng- ejawantakan sejumlah ketentuan lainya. Seperti, yang di berhentikan harus di sertai SK pemberhentian. Selanjutnya, proses pengangkatan atau pergantian, wajib terlebih dulu di adakan penjaringan, kemudian mereka yang lolos, di serahi SK pengangkatan.

Menyinggung alasan pemeberhentian serta adanya proses perekrutan kembali perangkat desa, Lumapow menuturkan, tentu Hukum Tua juga memiliki dasar. “Kan ada beberapa kriteria, di mungkinkan hal tersebut di laksanakan, seperti yang bersangkutan, meninggal, mengundurkan diri, umur yang sudah lewat, atau penilaian atas kinerja yang di dalamnya terdapat pelanggaran yang kemungkinan tidak dapat di tolelir lagi,” kata Lumapow, Kamis (29/4/202)

Sisi lain, Lumapow membantah kalau, rumor yang sempat beredar, pergantian perangkat desa atas perintah Bupati ataupun wakil Bupati. ” Itu tidak benar, Bupati tidak perna melakukan perintah seperti itu,” tegas Lumapow.

Penjelasan Lumapow ini, menjawab sejumlah pertanyaan perangkat desa, yang belakangan ini, sering menyambangi Dinas PMD, meminta penjelasan/klarifikasi atas pemberhentian, yang di lakukan Hukum Tua.

Kepada pihak hukum tua, kalau ada pemberhentian, Eloknya terlebih dulu, di berikan penjelasan atau pemahaman, alasan hal tersebut di lakukan. Ini untuk meminimalisir resistensi atau dampak di tengah warga. (Christian)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s