Manado

Kakanwil Kemenhukam Sulut Lumaksono Bersama Pimti Tinjau SKD Seleksi Catar Poltekip/Poltekim

Manado – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Utara, Lumaksono bersama Kepala Divisi dan Kepala Bagian Umum dan Kasubag Tata Usaha, Kepegawaian dan Rumah Tangga meninjau langsung pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon Taruna dan Taruni Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) yang berlokasi di Kantor Regional XI Badan Kepegawaian Negara Manado, Rabu (02/06).

Diawasi langsung oleh Pihak Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Utara, Perwakilan BPKP Sulawesi Utara serta Tenaga Medis dari Lapas Manado, Dalam Seleksi Kompetensi Dasar ini baik peserta maupun Petugas tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 dengan memakai masker, mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer disetiap tahap demi tahap SKD ini, mulai dari test suhu badan, cuci tangan, pemeriksaan identitas, penitipan barang, body check, pengambilan pin hingga pelaksanaan CAT.

Sebelum pelaksanaan CAT dilakukan, pada hari sebelumnya (01/06) Panitia Pusat dan Panitia Daerah menyaksikan proses penyegelan ruang pelaksanaan CAT oleh Pihak BKN, dan kemudian pada pukul 06.00 wita pagi tadi secara bersamaan pula proses pembukaan segel disaksikan.

Sebagai penyemangat, Kakanwil memberikan nasehat dan arahan, agar setiap peserta dapat menjalankan test ini dengan tenang sehingga dapat melewati semua proses dengan baik.

“Mengingat ini adalah proses awal para peserta mengabdikan diri sebagai ASN di Kemenkumham nantinya, yakinkan diri dengan semua yang telah dipelajari, dan saya ingatkan hal yang terpenting, adik-adik jangan percaya dengan pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan, test CATAR ini bebas dari KKN maka dari itu percaya dengan kemampuan diri sendiri adalah yang bisa menjamin kelulusan kalian,” tegas Kakanwil.

Setelah memberikan arahan, Kakanwil juga terus memantau berbagai tahapan yang dilaksanakan baik sebelum dan setelah pelaksanaan seleksi melalui Computer Assisted Test (CAT) ini. Menurutnya, hal ini sebagai upaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, yang dalam hal ini adalah peserta seleksi Catar.

Pada Tahun Anggaran 2021, terdapat 92 peserta di Wilayah Sulawesi Utara yang telah lolos verifikasi berkas dan masuk dalam tahap Seleksi Kompetensi Dasar, namun dalam pelaksanaannya hanya terdapat 59 peserta yang hadir untuk mengikuti CAT, sementara 33 peserta lainnya tidak hadir dalam test tersebut. (Christian)

Categories: Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s