Minahasa

Sambut Natal, GAMKI Sulut Gelar Kegiatan Penanaman Pohon di Tondano Minahasa

Tondano – Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sulut menggelar kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan di perkebunan Tounsaru, Kecamatan Tondano Selatan, Kabupaten Minahasa, Jumat (3/12/2021).

Penanaman pohon yang dilaksanakan ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Pra Natal GAMKI Sulut bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Minahasa Drs. Vicky Kaloh. Camat tondano selatan Joris, Bendahara DPC GAMKI Minahasa Sarah Dondokambey, Ketua BPMJ GMIM Paulus Tonsaru Pdt. Hermina Meike Pangemanan, S.Th, Lurah Tonsaru Bpk. Paulus Manengkey, SE, Wakil Ketua Panitia Tony Bela, SH, Bendahara panitia Keane sualang.

Bupati Minahasa yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Minahasa Drs Vicky Kaloh dalam sambutanya mengapresiasi GAMKI Sulut dan Minahasa yang ikut berperan serta dalam pelestarian lingkungan hidup di Minahasa.

Kaloh menjelaskan, bahwa Danau Tondano merupakan danau prioritas Nasional mempunyai nilai penting dan strategis bagi kehidupan hayati juga perekonomian di Sulawesi Utara lebih khusus di Kabupaten Minahasa, karena itu upaya untuk merevitalisasi danau dan lingkungan sekitar menjadi keharusan dalam rangka menjaga dan melestarikan potensi danau Tondano, sehingga akan memberi manfaat secara berkelanjutan.

Kecamatan Tondano Selatan masuk salah satu wilayah pengendalian pemanfaatan kawasan Danau Tondano yang merupakan daerah tangkapan resapan air yang sangat berpengaruh terhadap danau Tondano.

“Terimakasih kepada GAMKI Sulut dan GAMKI Minahasa yang boleh menjadi bagian dalam kegiatan ini Penanaman pohon sekaligus sebagai salah satu wilayah pengendalian pemanfaatan kawasan Danau Tondano,” tutur Kadis LH Minahasa.

Ketua GAMKI Sulut Yowanda Yonggara mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon ini dilaksanakan dan didukung bersama seluruh DPC yang ada di 15 Kabupaten dan Kota di Sulut, khususnya di Kabupaten Minahasa.

“Jadi ada sekitar 350 bibit pohon yang akan nantinya kita tanam hari ini, dengan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Minahasa,” ungkap Yonggara.

Dijelaskannya, lewat kegiatan ini GAMKI Sulut ikut mendukung program pemerintah terkait kelestarian lingkungan lewat penanaman pohon disekitar danau tondano.

“Ini penting supaya bisa mencegah sedimentasi tanah ke danau tondano, dengan begitu bisa menyerap air dan bisa mencegah sedimentasi lumpur ke danau tondano tersebut,” jelas Yonggara.

Selain itu, dalam menyambut natal tahun ini, GAMKI Sulut juga akan melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan, di antarannya mengunjungi anak-anak yang berada di pasar bersehati, dengan melakukan aktivitas outdor bersama mereka, dan berbagi bingkisan sukacita natal.

“Kita juga memberikan bantuan berupa alat tulis dan bantuan sembako kepada orang tua dari anak-anak tersebut,” ujar Yonggara.

Ditambahkannya, dari semua rangkaian kegiatan pra natal ini akan dilaksanakan ibadah natal puncak yang akan dilaksanakan di GMIM Betania, Minahasa Utara. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s