Pemerintahan

Danrem 131/Santiago Hadiri Upacara HUT Infanteri Ke – 73 di Makodam XIII/Merdeka

SULUTNEWSTV.com. MANADO – Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH, MIP menghadiri upacara Peringatan HUT Infanteri ke-73, dengan mengangkat tema “Infanteri Yang Solid Visioner dan Profesional “, bertempat di lapangan Upacara Kodam XIII/Merdeka, Jln 14 Februari, Kelurahan Teling atas, Kecamatan Wanea, Kota Manado, Minggu (19/12).

Adapun bertindak sebagai Inspektur Upacara sekaligus membacakan amanat Jenderal Sudirman dan Ikrar Corp Infanteri Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti Waranei. F Mamahit M. Si,  sedangkan untuk Komandan Upacara Danyonif Raider 712/Wt Letkol Inf Topan Angker, S.Sos.

“Saya selaku Danrem 131/Santiago dan pribadi mengucapkan selamat hari Infanteri ke 73 tahun 2021 kepada segenap Korps Infanteri, beserta keluarga di manapun saat ini berada  dan bertugas, disertai ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas pengabdian, keberhasilan serta prestasi yang telah di capai prajurit dan satuan korps Infanteri hingga saat ini dalam mengharumkan nama baik korps infanteri dan mendukung tugas pokok TNI AD, ” ujar Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong saat ditemui usai kegiatan.

Danrem juga mengingatkan, Hari Infanteri yang diperingati setiap tanggal 15 Desember merupakan tanggal khusus bagi Korps Infanteri TNI AD untuk mengenang Pertempuran Ambarawa yang disebut juga sebagai Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat.

“Salah satu bukti sejarah tangguhnya para pejuang Indonesia saat mempertahankan kemerdekaan dapat dilihat melalui monumen Palagan Ambarawa di Jawa Tengah. Monumen ini telah menjadi saksi selama masa penjajahan dan perjuangan setelah kemerdekaan diproklamasikan. Maka dari itu selama 73 Tahun Korp Infanteri tetap berdiri kokoh dalam mempertahankan kedaulatan NKRI, yang harus kita syukuri dan kita banggakan sebagai Prajurit TNI AD,” katanya.

Lebih lanjut Danrem mengatakan  bahwa dalam memeriahkan HUT Infanteri ke-73 ini, jajaran Korem 131/Santiago menggelar beberapa kegiatan seperti  Bhakti sosial berupa donor darah, serbuan vaksinasi, baksos dan karya bhakti yang dilakukan oleh Korem beserta jajaranya sampai pada tingkat Koramil.

“Untuk memeriahkan HUT Infanteri ke-73 seluruh jajaran Korem 131/Santiago telah menggelar kegiatan Bhakti Sosial sesuai dengan tema “Infanteri Yang Solid Visioner Dan Profesional”, dimana menjadi suatu bukti bahwa personel TNI  bersinergi dengan Forkopimda Sulut dan instansi lainya bahu membahu mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya,” jelasnya Danrem.

Dalam kesempatan tersebut Jenderal Bintang Satu ini juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada Jajarannya yang cepat, sigap dan tulus hati membantu masyarakat korban bencana di Sulawesi Utara dan daerah lainnya.

“TNI bersama Stakeholder lainnya menjadi yang terdepan dalam melakukan penyelamatan dan evakuasi, juga memberikan pelayanan kesehatan, bahkan terlibat dalam rekonstruksi pasca bencana,” pungkas Danrem.

Dalam upacara  hari Infanteri kali ini tetap menerapkan  protokol kesehatan covid 19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah, tampak hadir pada giat tersebut Brigjen TNI Agus Saipul, S.Sos. M.M ( Kapok Sahli Pangdam XIII/Mdk ), Kol Kav Tri Handoko, S. Sos ( Asrendam XIII/Mdk ), Kol Inf L. Cahyo Tyas Sekti ( Ws Irdam XIII/Mdk ), Para Asisten Kasdam XIII/Mdk, Para Kabalakdam XIII/Mdk, Para Kasi Korem 131/Stg, Para Pamen Ahli Pangdam XIII/Mdk, Para Perwira LO Kodam XIII/Mdk, Kol Inf Daniel E.S Lalawi, S.I.P ( Dandim 1309/Mdo ), Letkol Arm Edy Yulian Budiargo ( Danyon Armed 19/105 Tarik-Bogani ), Letkol Czi Adityo Bangun P ( Danyonzipur19/ Ykn ), Para Dandim Jajaran Korem 131/Stg.(*/gabby)

Categories: Pemerintahan

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s