Bolmong Raya

Bertindak Cepat, Dandim 1303/Bolmomg Perintahkan Jajaran Bantu Pencarian Korban Hilang Akibat Banjir

SULUTNEWSTV.com, BOLMONG – Komandan Kodim 1303/Bolaang Mongondouw perintahkan jajaran melalui Koramil 1303-10/Poigar untuk segera mengambil tindakan cepat melakukan upaya pencarian terhadap salah seorang warga yang hilang akibat banjir, di Desa Nonopan 2 Kecamatan Poigar Kabupaten Bolmong, Minggu(20/2).

Banjir yang terjadi disekitar wilayah Kabupaten Bolmong diakibatkan  intensitas curah hujan sangat tinggi dan terus menerus sehingga air sungai meluap dan menggenangi beberapa  rumah penduduk / pemukiman warga, dengan ketinggian air berkisar antara  50 sampai dengan 1 meter.

Adapun rumah yang terendam masing masing milik Wendi potabuga, Firman paputungan, Upe Potabuga dan Rahya potabuga.

Setelah mendengar informasi tersebut Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Raja Gunung Nasution dengan cepat memerintahkan jajaranya  melalui Danramil 1303-10/Poigar dan para personil Babinsa agar segera  membantu dan melakukan upaya pencarian terhadap korban yang hilang.

“Dan diharapkan korban dapat ditemukan dengan cepat. Serta tidak lupa pula  menghimbau masyarakat yang berada di Desa Nonopan 2 agar tetap waspada  dan selalu siap di evakuasi apabila air semakin tinggi dengan bekerja sama aparat Desa maupun masyarakat setempat yang tidak terdampak,” imbaunya.

Lebih lanjut Letkol Inf Raja G. Nasution mengingatkan Danramil dan seluruh personilnya untuk selalu siaga dan berkoordinasi cepat dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Tim SAR untuk bersama-sama melakukan bantuan pencarian korban.

Akibat bencana banjir tersebut, seorang  warga dinyatakan hilang, saat ini  upaya  pencarian masih terus dilakukan oleh  Kodim 1303/BM dalam hal ini personil  Koramil Poigar bersama Polsek dan warga setempat hingga saat ini korban masih dalam pencarian dan belum ditemukan sampai pukul 17.30 wita pencarian korban dihentikan mengingat cuaca sudah gelap dan akan dilanjutkan besok hari Senin.

Pencarian pun dilanjutkan pada  hari Senin Tanggal 21 Februari 2022, sebelum pencarian korban dilaksanakan Apel pengecekan gabungan yang dipimpin Pasi Inteldim 1303/BM, Kapten Czi Sardi O. Mamonto.

Adapun Personil yang terlibat berjumlah 62 Orang terdiri dari Dinas BPBD,  BASARNAS Kotamobagu, Koramil 1303-10/Poigar, Polsek Poigar, Sekcam Poigar, dan Masyarakat Desa Nonapan Dua.

Upaya yang sudah dilakukan saat ini oleh personel gabungan ialah melaksanakan penyisiran di tiga titik, seputaran rumah radius 100 s.d 200 M, daerah aliran Sungai Nonapan dan areal perkebunan.

Sekitar Pukul 10.45 Wita, korban ditemukan di areal perkebunan/ Persawahan dalam keadaan sudah meninggal dunia, kurang lebih 1 Km dari rumah Koban.

Selanjutnya korban langsung dievakuasi ke Puskesmas Poigar dan dilakukan pemeriksaan oleh Dokter, korban dinyatakan sudah meninggal.

Diketahui pula terdapat  satu  orang warga  atas nama  Haman Mokodongan umur 70 tahun  hilang dan belum ditemukan.(*/gabby)

Categories: Bolmong Raya

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s