Minahasa

Roring-Dondokambey Launching Penyaluran Dana Desa Tahun Anggaran 2022

MINAHASA –  Bupati Minahasa, Dr Ir Royke Octavian Roring MSi bersama Wakil Bupati Dr (Hc) Robby Dondokambey SSI MM, melaunching penyaluran Dana Desa (DD) tahun anggaran 202,2 Jumat (04/03) digelar di Makatete Hill Desa Warembungan Kecamatan Pineleng

Kegiatan  tersebut turut dihadiri Kepala Dinas PMD Provinsi Sulut, Dr Jemmy Kumendong, Sekretaris Daerah (Sekda) Frits Muntu SSos bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta jajaran Pemkab.

Disela launching, dilaksanakan peresmian hasil pembangunan desa di Kabupaten Minahasa, tahun anggaran 2021.

Bupati Royke Roring mengingatkan kepada seluruh Kumtua, agar menggunakan Dandes sesuai dengan aturan. Sehingga tidak berurusan dengan pihak yang berwajib.

Selain itu, Roring juga berpesan agar penggunaan BLT Desa harus tepat sasaran. Sehingga tidak merugikan maayarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Dikesempatan itu, Bupati Roring memberikan apresiasi kepada desa-desa yang telah melaksanakan pembangunan sesuai aturan. Ia juga menyampaikan bahwa Kabupaten Minahasa meraih dua terbaik di Sulut dalam pengelolaan Dandes tahun 2021.

Bahkan, kata Roring, Desa Sea Tumpengan, Kecamatan Pineleng, telah menerima penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulut. Karena menjadi terbaik pertama di Sulut, dalam pengelolaan Dandes tahun 2021. “Sekali lagi, saya ingatkan kepada seluruh Kumtua agar tertib administrasi terkait pengelolaan Dandes,” kata Roring, seraya mengingatkan kepada Kumtua terkait batas waktu pemasukan LPJ.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Jeffry Tanglung, SH.MAp dalam laporan menjelaskan pagu Dana Desa Tahun 2022 ini berjumlah Rp.160. 972.522.000.

“Dana Ini dialokasikan di 227 Desa se Kabupaten Minahasa di 25 Kecamatan berdasarkan perhitungan alokasi dasar alokasi formula dan alokasi kinerja disetiap Desa” Jelas Tangkulung.

Untuk penyaluran DD tahap satu lanjut Kadis sebanyak Rp.2.834.226.800. “Dana Desa akan disalurkan selama tiga tahap, terpisa dana BLT yang disalurkan selama tiga bulan. Dan khusus 63 desa mandiri akan disalurkan selama dua tahap,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPKP Provinsi Sulut, Asyep syaifrudin ingatkan DD pengerjaan di tahun ini berbeda dengan tahun 2021 lalu. “Penyaluran Dandes tahun 2022 harus diingat. Pertama, paling lambat bulan Juni tahap dua, Agustus – Desember tahap tiga. Sementara bulan Juni, untuk Desa Mandiri sampai Desember tahap dua.

“Saya berharap Dandes dapat dioptimalkan sedapat mungkin untuk membangun desa daerah tercinta, serta Sulut yang maju,” pungkasnya. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s