Minahasa

Keputusan DPRD Terhadap LKPJ Kepala Daerah Kabupaten Minahasa TA 2021

Minahasa – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa menggelar Rapat Paripurna penyampaian keputusan atas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah tahun anggaran 2021, serta penutupan masa sidang pertama dan pembukaan masa persidangan kedua tahun 2022 bertempat di ruang rapat Kantor DPRD Minahasa, Selasa (26/04).

Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Glady P E Kandouw SE, didampingi Wakil Ketua Okstesi Prisilia Runtu SH MSi dan Denny Kalangi serta Sekretaris DPRD Drs Dolfie Kuron MBA ini, dihadiri Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi MM dan Sekretaris Daerah Minahasa Frits Robert Muntu SSos dan jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Glady Kandouw saat memimpin rapat menyampaikan bahwa, pembahasan LKPJ Kepala Daerah tahun 2021 telah di sampaikan Bupati pada 31 Maret 2022 lalu, dan telah ditindaklanjuti oleh DPRD Minahasa melalui pembentukan Panitia Khusus LKPJ, yang selanjutnya dilakukan pembahasan internal dan rapat bersama dengan pihak eksekutif maupun turun lapangan. “Pada hari ini, kita akan mendengarkan laporan Pansus LKPJ yang berisikan hasil pembahasan dan catatan-catatan khusus sebagai rekomendasi kepada Pemerintah Daerah yang akan ditetapkan melalui keputusan DPRD Minahasa,” kata Kandouw.

Sementara, Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dalam sambutan yang disampaikan Wabup RD menyampaikan bahwa sudah Menjadi kewajiban baik secara moral maupun konstitusional selaku kepala daerah untuk mempertanggungjawabkan amanah rakyat minahasa yang dipercayakan kepada ROR RD, guna diaktualisasikan dalam pembangunan.Pola pertanggung jawaban ini sangat penting dalam kerangka membangun komunikasi yang efektif dan konstruktif dengan masyarakat minahasa yang direpresentasikan oleh lembaga yang terhormat ini.

Diberikan apresiasi dan berterima kasih atas apa yang telah dilakukan, khususnya oleh pansus LKPJ baik dari pembahasan hingga penyampaian keputusan dprd dan rekomendasi. Apa yang telah di rekomendasikan oleh pansus akan di tindaklanjuti, agar komitmen dan tekad ROR RD untuk memberikan nilai tambah positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta pembangunan yang berpusat pada masyarakat dapat terwujud. Namun demikian, harus disadari pula bahwa pembangunan bukanlah sesuatu yang langsung tersedia, tetapi memerlukan upaya dan kerja keras secara terencana, konsisten dan kontinue.

Disamping itu, pembangunan ada yang sifatnya investasi dan ada yang langsung dapat dirasakan oleh masyarakat, sehingga tidak semua program pembangunan menghasilkan sesuatu yang langsung kelihatan. Hal ini perlu disampaikan agar penilaian-penilaian yang dilakukan memiliki parameter yang sesuai. Untuk itu, segala masukan kearah yang lebih baik pasti akan diterima dengan ketulusan. Kita menyadari bahwa tantangan kedepan makin berat dan kompleks, terutama berkaitan dengan upaya untuk melawan kemiskinan (poverty) dan keterbelakangan (underdevelopment).

Karena itu, arah pembangunan kedepan akan lebih terfokus pada peningkatan kesejahteraan rakyat, terutama setelah pandemi covid 19 berakhir. Karena itu kita perlu mendesain strategi pengembangan ekonomi daerah yang lebih tepat (government driven development strategy). Tentu saja, pertumbuhan ekonomi yang hendak kita capai harus tetap disertai dengan pemerataan yang lebih nyata (growth with equity). Selanjutnya, kami menyadari bahwa berbagai kemajuan dan keberhasilan selang tahun 2021 tidak terlepas dari dukungan dan topangan yang diberikan oleh seluruh komponen masyarakat yang ada di minahasa.

Karena itu, dengan hati yang tulus kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen bangsa di daerah ini, baik pimpinan dan anggota DPRD, forkopimda, jajaran birokrasi pemerintah kabupaten, tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan partai politik, rekan-rekan pers, serta semua pihak yang tiada pernah berhenti mengalirkan dukungan dalam berbagai bentuk.

Tanpa terasa masa persidangan pertama tahun 2022 telah selesai sehingga pada hari ini kita telah memasuki masa persidangan kedua tahun 2022, dalam agenda kegiatan dprd kabupaten minahasa. Hal ini sekaligus menjadi momentum untuk kembali kita memfokuskan tugas dan tanggung jawab yang telah dipercayakan masyarakat kepada kita, untuk diemban guna peningkatan kesejahteraan masyarakat kabupaten minahasa.

Pihak eksekutif akan senantiasa bersinergi dalam koordinasi dan implementasi untuk semua kegiatan yang telah direncanakan oleh pihak legislatif, bahkan secara bersama-sama dalam mengoptimalkan berbagai implementasi program dan kegiatan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di kabupaten minahasa. (Advertorial)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s