Manado

Korem 131/Santiago Borong Medali Saat Apel Dansat se-Jajaran Kodam XIII/Merdeka

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P., M.M., mengikuti pelaksanaan menembak pistol eksekutif dan menembak senapan pada kegiatan apel komandan satuan (Apel Dansat) tersebar Kodam XIII/Merdeka Tahun 2022, dilapangan tembak Aermadidi, Kelurahan Aermadidi atas, Kecamatan Aermadidi, Minahasa Utara,Sulawesi Utara  Kamis(19/05).

Dalam kesempatan tersebut Danrem menyampaikan bahwa  Kemampuan menembak bagi prajurit merupakan hal mutlak yang harus dimiliki oleh seorang prajurit TNI baik dari pangkat yang tertinggi  sampai pangkat  terendah.

Dalam pelaksanaan menembak pistol dan Senapan tersebut, penyelenggara latihan  menyiapkan lajur-lajur untuk tiap gelombang para peserta apel Dansat dan dalam pelaksanaannya peserta mengunakan sikap berdiri dan tiarap.

“Tujuanya kita ingin melihat sejauh mana kemampuan kita masing masing,” katanya.

Disampaikan bahwa, kemampuan menembak sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI.

“Prajurit harus jago  dan mahir menembak,” ujarnya.

Para peserta diuji untuk melaksanakan keterampilan berupa kemahiran menembak, dimana senjata yang digunakan oleh setiap perorangan menggunakan pistol G2 Combat, Senapan SS2-V4 serta Senapan DS AR 15.

Untuk materi menembak yang dilaksanakan  dengan jarak 100 meter  sikap tiarap dan sikap berdiri, diawali dengan tembakan koreksi jumlah 3 butir munisi dilanjutkan penilaian dengan jumlah 10 butir munisi. Serta menembak pistol, dengan sikap berdiri jarak 25 meter.

Pada pelaksanaan apel Dansat tersebar Kodam XIII/Merdeka tahun 2022  dilaksanakan evaluasi semua materi dengan sasaran para komandan satuan agar dapat memahami dan mampu melaksanakan pemeliharaan serta peningkatan kemampuan prajurit secara perorangan maupun dalam hubungan kelompok atau  satuan sehingga terbentuk prajurit yang disiplin, jago perang, jago menembak, jago beladiri dan memiliki kesiapan fisik yang prima dalam menghadapi tantangan tugas kedepan.

Selain itu, kegiatan apel Dansat ini juga bertujuan untuk menyamakan cara pandang dan pikiran tentang pokok-pokok kebijakan pimpinan TNI- AD guna meningkatkan kualitas pembinaan satuan sehingga terciptanya soliditas dan profesionalisme prajurit yang handal.

Sementara dari hasil penilaian dalam pelaksanaan menembak Pistol eksekutif tersebut, Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias jabatan Dandim 1314/Gorontalo Utara mampu meraih peringkat pertama dengan nilai 187, peringkat kedua oleh Komandan Kodim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Feriandi M.Ham dengan Nilai 173, sementara peringkat ketiga diraih oleh Dandim 1307/Poso Letkol Inf Gusti Nyoman Mertayasa dengan Nilai 170.

Untuk Kategori senapan nilai tertinggi diraih oleh Dandim 1303/Bolmong, Danyon armed, Kakudam XIII/Merdeka, Danyonif Raider 712/Wt, Danyonif 713/St.

Hadir dalam kegiatan tersebut Brigjen TNI Mochammad Luthfie Beta (Kasdam XIII/Mdk), Brigjen TNI Denny Masengi (Irdam XIII/Mdk), Brigjen TNI Erdy Jammy Lumintang, S.I.P (Kapok Sahli Pangdam XIII/Mdk), Brigjen TNI Toto Nurwanto, SIP., M.Si (Danrem 132/Tdl), Brigjen TNI Amrin Ibrahim, S.I.P (Danrem 133/Nw), Kolonel Inf Endra Saputra Z.R, S.E (Danrindam XIII/Mdk), Kolonel Kav Kapti Hertantyawan, S.H. (Asintel Kasdam XIII/Mdk), Kolonel Inf Sutrisno Pujiono, S.E., M.M. (Asops Kasdam XIII/Mdk), Kolonel Inf Bambang Hery Tugiono (Aslog  Kasdam XIII/Mdk),Kolonel Arh Marthen Venry Rorintulu (Aster Kasdam XIII/Mdk), Para Dansat dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka serta seluruh  Peserta Apel Dansat Tersebar Kodam XIII/Mdk.(*)

Categories: Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s