Minahasa

Pastikan Kepesertaan Aktif, BPJS Kesehatan Tondano Ingatkan Pembaharuan Data Kepala Desa Terpilih

Tondano – Pembaharuan data merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk memastikan status kepesertaan aktif pada Program JKN, tidak terkecuali termasuk para perangkat atau aparat desa.

Setiap perangkat desa terpilih wajib melakukan updating data demi memastikan jaminan kesehatan bagi dirinya dan keluarganya telah terdaftar. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Minahasa, Joice Pua dalam kegiatan Sosialisasi Pendaftaran dan Updating Data kepada kepala desa terpilih sekaligus perangkat desa baru se Kabupaten Minahasa, (12/07).

Joice meminta kepada para Kepala Desa atau Hukum Tua terpilih dalam pemilihan yang dilaksanakan 31 Mei 2022 lalu, agar segera melakukan validasi data terbaru, baik kepala maupun perangkat desa penerima kartu JKN. “Bapak Ibu Kades yang baru, saya minta agar data yang ada tolong diperbarui dan segera sampaikan ke BPJS Kesehatan. Dikhawatirkan jika datanya tidak segera di-input, maka akan menghambat pada saat membutuhkan pelayanan kesehatan,” tutur Joice.

Pada kesempatan yang sama, Albert Christian selaku Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta (P4) BPJS Kesehatan Cabang Tondano mengungkapkan, kepesertaan Program JKN bagi perangkat desa merupakan kewajiban yang telah di atur dalam Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 119 Tahun 2019 tentang Pemotongan, Penyetoran, dan Pembayaran Iuran Jaminan Kesehatan Bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa.

“Seperti yang kita ketahui, kepesertaan Program JKN ini merupakan kewajiban bagi setiap masyarakat, apalagi perangkat desa. Kami sangat mengimbau bapak ibu Kepala Desa atau Hukum Tua untuk segera memperbaharui data. Data yang disampaikan juga jangan sampai salah, karena akan berpengaruh pada layanan di fasilitas kesehatan jika nanti harus mendapat pelayanan kesehatan,” tutur Albert.

Kegiatan sosialisasi tersebut akan dilakukan selama dua hari dan juga dihadiri oleh sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Minahasa, serta 98 Kepala Desa (Hukum Tua) baru se-Kabupaten Minahasa. (CT)

Categories: Minahasa

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s