BI Sulut Temu Responden, Dorong Transformasi Digital Pengusaha Lokal

MANADO – Bank Indonesia Sulawesi Utara mendorong para pelaku ekonomi di Bumi Nyiur Melambai untuk memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk dan jasanya.

Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat mengatakan, di era Revolusi Industri 4.0 sekarang ini, semua lini kehidupan sangat berkaitan langsung dengan internet. Menurutnya, kemajuan teknologi digital merupakan peluang untuk melakukan ekspansi bisnis. Ia mengimbau agar para pelaku usaha nanti bisa menciptakan ‘marketplace’, bagaimana produk dan jasa kita dipasarkan secara online.

Dalam acara Temu Responden yang digelar di Hotel Four Point Manado, Rabu(6/11) tersebut BI menghadirkan tiga pemateri yakni pakar di bidang teknologi informasi, data driven dan artificial intellegence.

“Untuk itulah, tujuan Temu Responden sebagai bentuk wujud apresiasi BI kepada para responden yang selama ini jadi mitra dalam menyediakan data assesment perekonomian di daerah,” tutur Arbonas.

Responden tersebut pun datang dari beragam latar belakang usaha, yakni perdagangan, transportasi, pertanian, perikanan, UMKM, ritel dan sebagainya.

“Agar kalian tahu, responden ini sangat penting bagi BI. Karena untuk mendapatkan data mikro ekonomi di daerah, yaa para responden ini. Tentunya harapan saya adalah, kerja sama kita lebih baik sehingga data yang diberikan pelaku usaha akurat. Karena data yang diberikan responden menjadi acuan BI dalam melakukan kajian yang finalisasinya berupa rekomendasi menyangkut kebijakan moneter, sistem pembayaran dan makroprudensial,” tandasnya.(GR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s