Matangkan RBB 2020, Perbarindo Sulut Gelar Pelatihan Khusus BPR

MANADO – Untuk mematangkan pelaporan Rencana Bisnis Bank (RBB) dan Kualitas Aktiva Produktif (KAP) sesuai peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 33 tahun 2018, Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Sulut Gorontalo dan Malut (Sulutgomalut) menggelar pelatihan RBB dan KAP, kepada kurang lebih 40 peserta perwakilan dari 17 BPR di Sulut dan 1 BPR dari Gorontalo, Senin(11/11) di Swiss-Belhotel Maleosan Manado.

Foto : Gabriella/SNTV
Kepala OJK Sulutgomalut Slamet Wibowo (kedua kanan) saat memberikan sambutan dalam giat pelatihan RBB 2020, di Swiss-Belhotel Maleosam Manado, Senin(11/11).

Ketua DPD Perbarindo Sulutgomalut Denny Senduk menyampaikan pelatihan RBB ini rutin tiap tahun diadakan. Khususnya bulan November. Karena, RBB akan dilaporkan 1 Januari 2020 ke OJK.
“Karena dalam RBB, disitu terterah bussines plan untuk tahun 2020. Mulai dari segi penyaluran, kredit berapa, tabungan dan deposito, serta target NPL,” tutur Senduk, kepada media ini, pagi tadi.

Foto : Gabriella/SNTV
Peserta mengikuti pelatihan.

Dikatakannya pula, sesuai dengan peraturan OJK, untuk RBB sendiri BDR sudah mempunyai format. “Nah, dari narasumber kita hari ini, format yang disiapkan sudah dalam bentuk software. Sehingga, itu bisa memudahkan kita untuk melakukan pengisian data,” katanya.
Dinilainya pun, kinerja dari BDR sudah sangat maksimal. “Masih ada sisa 2 hingga 3. Kinerja yang lain sudah baik,” tambahnya. Dirinya pun mengungkapkan terimakasih kepada Kepala OJK Sulutgomalut Pak Slamet Wibowo, yang juga memberikan support baik untuk pelatihan RBB ini, serta program lainnya.

Sementara itu, Sekertaris Perbarindo Sulutgomalut Vecky Palit menambahkan tujuan lain kegiatan ini adalah supaya BPR yang tersebar di Wilayah Sulutgomalut bisa benar-benar mempersiapkan RBB sesuai aturan POJK.
“Pertama kan, dalam waktu dekat ini tepatnya pada 15 Desember 2019, semua BPR wajib memasukkan RBB 2020. Jadi, pelatihan ini perlu untuk diikuti mengingat ada perubahan POJK. Kedua yaitu untuk penguatan SDM juga,” ungkapnya sembari menambahkan Perbarindo sendiri melakukan giat ini untuk mengantisipasi RBB 2020.(gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s