Manado

Ketidak Pedulian Parpol Saat Pleno Penetapan DPHP

Manado – Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Hasil Pemutahiran ( DPHP) yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) tingkat Kelurahan dan Desa, ternyata tidak diminati partai politik.

Hal tersebut dikatakan Ketua Divisi Program dan Data Lanny A. Ointu SE, dalam kegiatan Penyuluhan Produk hukum yang digelar Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Selasa, (01/09) di Swissbel Hotel Manado.

”Ini sementara pleno DPHP dari tanggal 30 sampai 01 September dan pleno tingkat PPK akan berlangsung dari tanggal 02 September, tapi dalam pemantauan kami rupannya tidak diminati teman- teman Parpol,” kata Ointu.

Dijeskannya, DPHP sangat penting diikuti pengurus parpol mengingat data pemilih ini merupakan pegangan papol saat pemungutan suara nanti. “Muara dari pemungutan suara nanti ada didaftar pemilih karena disana ada jumlah pemilih. Kalau tidak ada data maka tidak akan ditindak lanjuti,” jelasnya.

Ditegasnya, parpol hanya bisa mendapatkan Daftar Pemilih ini hanya saat menghadiri Rapat Pleno di setiap tingkatan yang di gelar KPU.

”Harusnya Parpol wajib mendapat salinan DPHP, namun itu hanya diberikan kepada partai politik saat menghadiri Rapat Pleno.kami berharap agar setiap parpol dapat mengirim perutusan atau perwakilan yang memiliki mandat. Sayang kalau moment ini dilewati oleh parpol,” ujar Lanny. (Kelly)

Categories: Manado, Sulut

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s