Bolmong Raya

Dana Desa Bantu Sejahterakan Warga Insil Induk Penghasil Rempah-Rempah Terbaik di Sulut

Bolaang Mongondow, SulutNewstv, – Desa Insil Induk Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara salah satu Desa yang di kenal dengan penghasil rempah-rempah di kecamatan Passi Timur. Mata pencarian masyarakat desa Insil sebagian besar bergantung hidupnya di pertanian tanaman pangan dan hortikultura. Aktifitas masyarakat desa insil keseharianya bercocok tanaman, sehingga desa Insil di kenal dengan penghasil rempah-rempah Terbaik di Sulut, sebagaimana desa desa lainya yang ada di kecamatan passi timur serta desa tetangga yang yang ada di kabupaten minahasa selatan.

Kepala desa Insil Induk, Muksin Mokoginta menyatakan bahwa, dengan adanya bantuan Pemerintah Pusat lewat Dana Desa, masyarakat desa Insil sangat merasa terbantu, Infrastruktur pembangunan sentra perekonomian dan pemukiman telah terbangun, hingga akses jalan yang dulunya susah di lalui kini sudah di bangun, sebagaimana peruntukannya mensejahterakan masyarakat.

“Ketika saya terpilih kembali menjabat kepala desa Insil induk, Pembangunan infrastruktur terus di pacu dimana pada tahun 2020 sebagaimana atas dasar usulan masyarakat,” ucap Mokoginta.

Lanjutnya, untuk kegiatan fisik di buat pengerasan jalan sepanjang 1232 meter dengan Anggaran RP.329.000.000. Pembuatan drainase 60,5 meter Anggaran RP.40.000.000.. di tambah dengan dana bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulut RP.60.000.000, juga untuk pembuatan drainase sepanjang 60 meter. “Dari semua kegiatan fisik pekerjaan turut serta melibatkan masyarakat desa setempat. Selain itu di peruntukan untuk BLT(Bantuan Langsung Tunai) bagi masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan,” jelasnya.

Muksin menambahkan, tugas selaku kepala desa, merupakan amanah yang harus di pertanggung jawabkan untuk itu amanah yang di embankan benar benar dapat di laksanakan dengan penuh tanggung jawab. “Berkat dukungan masyarakat desa insil apa yang menjadi tujuan pemerintah desa semua dapat terlaksana dengan baik.” Tak lupa saya selaku Kepala desa Insil induk mengucapkan limpah syukur kepada Pemerintah baik Pusat Provinsi dan Daerah atas bantuan yang telah di berikan kepada desa Insil, alhasil pembangunan desa insil mengalami kemajuan,” tambahnya.

Muksin berharap agar pemerintah terkait dapat menelusuri terjadinya kelangkaan pupuk di kecamatan passi timur, pasalnya petani saat ini sulit memperoleh pupuk, kalaupun ada harganya di pengecer suda tak sesuai harga Pemerintah, harga di pengecer tembus hingga 200 ribu persak. “Semoga dapat di perhatikan atas keluhan petani yang ada di passi timur ini,” tutup Muksin. (Red/*Arm)

Categories: Bolmong Raya

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s