Minahasa Utara

4 Warga Minut Meninggal Akibat Demam Berdarah, Kadis Kesehatan Minta Warga Waspada

MINUT – Adanya kasus Demam Berdarah Denggie (DBD) di Kabupaten Minahasa Utara, di tengah Pandemi Covid-19 membuat Dinas Kesehatan Kabupaten Minut terus meningkatkan kinerja sehingga disamping disibukkan dengan penanganan Covid-19, Dinkes juga terus memberikan sosialisasi pencegahan terhadap nyamuk DBD.

Kepala Dinas Kesehatan Minut Youce Togas tidak memungkiri adanya kasus DBD di Kabupaten Minahasa Utara yang hingga kini terus menjadi perhatian serius dari Dinas Kesehatan Kabupaten Minut.

“Memang di Minut ini ada kasus, sehingga kami terus menghimbau masyarakat untuk tanggap dan sigap melakukan pencegahan terhadap nyamuk pembawa penyakit apalagi di musim penghujan,” ungkap Togas Kamis, (27/5).

Tak hanya itu, ia pun meminta masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dengan melakukan metode 4 M.

“Metode 4 M Plus yaitu menguras tempat penampungan air minimal 1 minggu sekali, Mengubur barang bekas yang dapat menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes, Menutup tempat penampungan air supaya tidak dijadikan tempat perindukan nyamuk dan Memantau jentik secara rutin, semua kembali pada sikap kita dalam menjalankan pola hidup. Hal ini sangat penting apalagi kita masih harus berjuang melawan Covid19,” terang Togas.

Diketahui, tercatat angka Kasus DBD untuk bulan januari hingga april 2021 di puskesmas Airmadidi 13 Kasus, Puskesmas Kauditan 10 kasus, Puskesmas kema 13 kasus, Puskesmas Kolongan 5 kasus, Puskesmas Tatelu 20 kasus, Puskesmas Talawan 3 kasus, Puskesmas Likupang 3 Kasus dan Puskesmas wori 1 kasus yang hingga kini terus mendapat perhatian serius dengan penanganan pihak dinas kesehatan Minut.

“Penanganan DBD di Minut tersebar di 11 Puskesmas dan dari 11 puskesmas tersebut angka tertinggi penanganan DBD ada di Puskesmas Tatelu yang menanggani 20 kasus,” tutupnya. (erg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s