Minahasa Tenggara

Genjot Target Nasional Kepemilikan Dokumen Kependudukan, Disdukcapil Mitra Dor To Scool

Mitra, SULUTNEWSTV.Com- pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (disdukcapil) terus mengenjot kepemilikan dokumen identitas kependudukan warga.

Hal tersebut dalam rangka mengejar angka atau presentase target nasional tahun 2021 hingga 99,2 persen. Terobosan pun dilakukan, salah satunya turun langsung melakukan perekaman usia layak kartu tanda penduduk (KTP) dan Kartu identitas anak (KIA) di setiap sekolah di Mitra.

Tercatat, hingga saat ini secara nasional sudah mencapai 99,1.4 warga se indonesia yang sudah memiliki kelengkapan dokumen.

Kepala Disdukcapil Mitra Phieter Owu menjelaskan, sebelumnya pihaknya sudah membentuk tim untuk melakukan perekaman di setiap kecamatan, kemudian saat ini pihaknya juga melakukan door to scool di tiap sekolah.

“Untuk anak SD ataupun SMP kami siapkan untuk pendataan KIA, sedangkan SMA/SMK usia 16 tahun di data untuk persiapan perekaman, sedangkan usia 17 tahun langsung dilakukan perekaman,” Kata Owu diruangannya Senin, (04/10).

Menurut birokrat senior ini, setiap sekolah akan dikunjungi secara berjadwal dan dilaksanakan dalam hari kerja selama bulan oktober.

“Untuk petugas data masih terbatas, setiap sekolah digilir, dan hari ini dimulai di SMA 1 Ratahan, kemudian besoknya sekolah lainnya,” Terangnya.

Pihaknya berharap dengan adanya program disdukcapil dor to scool dapat menciptakan efektifitas mengenjot target nasional dalam hal kepemilikan dokumen identitas.

“Kendati turun ke sekolah, disdukcapil terus berupaya menyosialisasikan ke masyarakat akan pentingnya identitas khususnya warga yang belum memiliki dokument kependudukan,” Kuncinya. (Baim)

Categories: Minahasa Tenggara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s