Minahasa Tenggara

Hingga Oktober, 50 Persen Desa Di Mitra Tersalur BLT Tahap 10

Mitra, SULUTNEWSTV.com- Upaya Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengenjot percepatan proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) terus diperagakan. Tercatat, sudah sekitar 50 persen desa di Mitra yang telah menyalurkan BLT tahap ke 10.

Terbaru, penyaluran bantuan yang bersumber dari Dana Desa (DD) ini disalurkan secara rapel atau 3 bulan sekaligus kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dari tahap 8, 9, dan 10.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Mitra Arnold Mokonsolang mengatakan, 135 desa di Mitra sudah melakukan pendebetan anggaran khususnya BLT untuk penyaluran 3 bulan. Hanya saja, kecepatan penyaluran ditentukan jadwal dari bank sebagai pihak penyalur.

“Semua desa sudah siap menyalurkan, dari data dimaksud, 60-an desa sudah menyalurkan BLT tahap 10, yang lainnya sementara menunggu jadwal, namun untuk tahap 8 dan 9 sudah tersalur,” kata Mokonsolang di Kantornya Rabu, (13/10).

Menurutnya, proses pengajuan sampai pada penyaluran terus dilakukan tiap desa dalam rangka mendorong percepatan penyaluran di masa akibat dampak Pandemi dan pengaruh ekonomi warga.

“Saat ini masih ada sekitar 60-an desa juga yang sementara menyalurkan BLT tahap ke 10. Namun yang pasti sudah debet anggaran, tergantung jadwal,” terangnya.

Ditambahkan Mokonsolang, pihaknya menargetkan penyaluran BLT tahap 10 tuntas pada oktober ini, agar memasuki november ini bole h segera dilakukan pengajuan debet kembali oleh pemerintah desa (pemdes).

“Dana bantuan masih sama yakni Rp 300 ribu per KPM, di tahun 2021 inj penyaluran tetap 12x dan akan berlanjut hingga desember mendatang, setelah tahap 10 tersalur, pemdes segera mendebet tahap 11,” kuncinya. (Baim)

Categories: Minahasa Tenggara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s