Minahasa Tenggara

Miliki Destinasi Primadona, Dispar Mitra Rancang Strategi Tata Kelola Wisata

Mitra, SULUTNEWSTV.com- Kembali Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) memberikan pelatihan pengembangan destinasi. Kali ini menyasar sejumlah Pemerintah Desa/Kelurahan yang memiliki wisata, baik itu yang dikelola oleh investor, ataupun secara personal di daerahnya. Pelatihan itu terkait pengembangan maupun tata kelola destinasi wisata di Mitra.

Kepala Dinas Pariwisata Mitra Shartje Olga Taogan mengatakan, sejumlah Wisata di Mitra memang telah menjadi primadona, bahkan destinasi yang mampu menggerakan perekonomian masyarakat.

Peran pemerintah, diperlukan sebagai fasilitas pendukung berbagai manfaat dan pengembangan wisata tersebut. Apalagi pariwisata di Mitra dinilai pesat dengan adanya dorongan pemerintah daerah maupun berbagai pihak swasta.

“Pelatihan ini kami mengundang para pelaku usaha wisata, terutama juga Pemerintah desa untuk bersama-sama mensiasati berbagai strategi pengembangan wisata dan potensi lainnya, serta memberi pemahaman agar dapat merangsang bagaimana pemerintah dan masyarakat boleh terus mempromosikan destinasi wisata di Mitra,” kata Taogan di Ratahan Senin, (18/10).

Menurutnya, dalam upaya pengembangan 4 wisata unggulan serta peluang dijadikan wisata yang ada di Mitra, sangat penting dilakukan pelatihan tata kelola agar para pelaku usaha wisata dapat mengelola secara profesional, tentunya dengan memberdayakan kearifan lokal, potensi alam, kuliner, serta kebudayaan.

“Diharapkan dengan pelatihan ini, dapat menciptakan destinasi yang menarik, kenyamanan, dan yang paling utama keamanan para wisatawan agar para pelaku wisata memiliki rangsangan untuk kembali berwisata di Mitra,” tutup Taogan.

Kesempatan itu, salah satu pemateri Diane Tangian yang juga dosen di Politeknik menambakan, pengembangan wisata juga diperlukan 3 unsur yang harus diperhatikan dan mesti berjalan secara beriringan yakni, unsur lingkungan, ekonomi dan sosial budaya.

“Destinasi wisata di Mitra sangat lengkap. Gunung, alam, dan wisata bahari, pemanfaataannya diperlukan 3 unsur ini, agar potensi serta pengembangan wisata boleh berdaya saing secara nasional,” tandasnya.

Diketahui Kabupaten pimpinan Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Jocke Legi ini memiliki 4 wisata unggulan. Wisata Pantai Lakban, Pantai Lumintang, Aer Konde dan wisata Under Water. (Baim)

Categories: Minahasa Tenggara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s