Minahasa Utara

Brigjen TNI Meyer Putong Sebut Maria Maramis Sosok Inspiratif

SULUTNEWSTV.com, MINUT – Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) pimpinan Angelica Tengker bekerjasama dengan Kodam XIII/Merdeka melaksanakan upacara dan ziarah dalam rangka memperingati Hari Maria Walanda Maramis pada Rabu (1/12).

Dalam ziarah yang digelar di makam Maria Walanda Maramis, Maumbi, Minahasa Utara tersebut, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti Waraney Franky Mamahit menjadi inspektur upacara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong beserta jajaran.

Usai kegiatan, Brigjen Meyer mengatakan, Maria Maramis merupakan pahlawan nasional yang sangat menginspirasi.

Sebagai perempuan Minahasa, dirinya mampu membuat gebrakan dengan membangkitkan pendidikan bagi kaum perempuan, bahkan berhasil menjadi perempuan pertama yang memiliki hak suara di Dewan Minahasa pada tahun 1921.

Dari Maria juga, lahirlah Percintaan Ibu Kepada Anak Temurunnya atau PIKAT yang berhasil mencetak para perempuan cerdas, berkarakter dan berpendidikan, sebagai salah satu kekuatan perempuan untuk bisa melakukan banyak hal, terutama menghasilkan generasi penerus yang tangguh.

“Itu sebabnya, kita sebagai warga Sulawesi Utara patut berbangga karena di daerah ini pernah ada Maria Walanda Maramis. Perempuan hebat yang menciptakan sejarah untuk perempuan Minahasa,” ujar Danrem.

Lanjutnya, Danrem mengatakan, kebanggaan itu harus ditunjukan secara nyata, tidak hanya oleh perempuan saja, tapi termasuk juga laki-laki, yaitu bagaimana laki-laki dapat menghargai perempuan sebagai pribadi yang kuat, cerdas dan berkompeten.

“Hari ini, terutama saudara-saudara dan anak-anaku perempuan diingatkan untuk tidak menyerah, belajar dari Maria Walanda Maramis yang tidak menyerah untuk terus berkarya. Kami juga mengapresiasi kegiatan ini yang dilaksanakan oleh DPP Kerukunan Keluarga Kawanua, Ibu Angelica Tengker dan Kodam XIII/Merdeka,” kata Danrem.

Sebelumnya diberitakan, Angelica Tengker mengatakan, DPP Kerukunan Keluarga Kawanua mengajak warga Minahasa di seluruh dunia untuk mulai memperingati Hari Maria Walanda Maramis di setiap tanggal 1 Desember sebagai Hari Kebangkitan Pendidikan Perempuan Nasional karena jasa-jasanya yang sudah memajukan perempuan-perempuan Minahasa.

“Kiranya semangat perjuangan dalam memajukan perempuan Minahasa dapat menginspirasi perempuan-perempuan Minahasa saat ini untuk terus berkarya, berpendidikan, bermartabat dan berkarakter kuat,” ujar Angelica.

Lanjutnya, Maria Walanda Maramis telah  mempersiapkan perempuan-perempuan untuk terampil dan mempunyai pengetahuan yang mumpuni mengenai kesehatan, rumah tangga dan pengasuhan anak karena pertumbuhan, pengasuhan dan penjagaan kesehatan anak-anak merupakan hal penting yang menjadi tanggung jawab para ibu.

Maka peran ibu menjadi penting dalam mempersiapkan anak-anak dari usia dini yang kemudian menjadi penerus bangsa.

“Tujuan dari kegiatan upacara memperingati hari Maria Walanda Maramis adalah untuk mengangkat kembali perjuangan Maria Walanda Maramis yang mengawali perjuangan kesetaraan perempuan di Indonesia dan DPP Kerukunan Keluarga Kawanua ingin tidak hanya masyarakat Minahasa, tetapi masyarakat Indonesia semakin mengenal dan mengenang jasa-jasa Maria Walanda Maramis dalam memajukan perempuan,” kata Angelica.

Angelica Tengker selaku Ketua Umum DPP Kerukunan Keluarga Kawanua pun menyampaikan, harapan KKK, masyarakat kawanua dimanapun berada, serta masyarakat Indonesia turut mengenang Maria Walanda Maramis.

“Serta khususnya turut memberi semangat kepada anak-anak muda perempuan, untuk tidak takut maju dan terus berkarya agar kelak meninggalkan warisan budaya perempuan cerdas, berkarakter kuat yang berperan penting dalam mempersiapkan generasi berikutnya yang lebih baik dimulai dari keluarga  agar keluarga sehat, masyarakat sejahtera, ekonomi kuat,” jelas Angelica.

Acara tersebut pun berjalan dengan lancar dan tertib, serta menerapkan protokol kesehatan Covid 19.(*/gabby)

Categories: Minahasa Utara

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s