Manado

Brigjen Mukhils Bekali 216 Personel Satgas Operasi Pengamanan

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhils S.A.P, M.M, selaku Dankolakops bekali pengetahuan kepada 216 orang personel yang disiapkan Satgas operasi pengamanan pulau kecil terluar RI-Filipina TA. 2022  yang kali ini dipercayakan kepada Yonif 715/Motuliato.

Acara pembekalan materi  kepada Satgas pamputer dilaksanakan di Aula Grhadika Jaya Sakti, Makodam XIII/Merdeka Jl. 14 Februari Teling Atas Kota Manado, Sabtu (26/2).

Pembekalan materi oleh Brigjen Mukhlis tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran umum tentang situasi dan kondisi didaerah penugasan /daerah operasi kepada personel personil  Yonif 715/Motuliato yang disiapkan dalam rangka satgaspam puter, hal ini  terkait tugas dan tanggung jawab di wilayah perbatasan sehingga para prajurit diharapkan mampu dan  dapat memahami tugas masing masing serta mengetahui  situasi dan kondisi wilayah, pada  saat melaksanakan tugas  dilapangan.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 131/Santiago memberikan pembekalan materi sekaligus   berikan  motivasi  kepada seluruh personel Yonif  715/Motuliato yang akan melaksankan tugas menjaga wilayah perbatasan NKRI – Filiphina.

“Perlu dipahami, wilayah perbatasan suatu negara merupakan garis terdepan yang memiliki nilai strategis terhadap aspek pertahanan dan keamanan untuk mempertahankan kedaulatan negara, karena wilayah perbatasan sangat memiliki kerawanan yang harus dijaga dan diwaspadai dari berbagai ancaman yang mungkin timbul dari pihak luar, yaitu seperti masuknya WNA secara ilegal melalui jalur  laut  dengan membawa barang barang ilegal ,  sehingga diharapkan para prajurit diminta
agar selalu siap dan waspada terhadap segala kemungkinan yang bisa terjadi, karena prinsipnya tidak ada tempat yang aman di daerah operasi,” jelasnya.

Danrem juga berpesan, agar para prajurit yang tergabung dalam satgas ini, bila tiba didaerah penugasan, agar selalu   melaksanakan patroli secara rutin di daerah atau tempat yang dianggap rawan.

“Sehingga, masyarakat pun yakin kalau keberadaan TNI di perbatasan sangat bermanfaat demi  ketenangan dan kenyamanan  masyarakat yang ada di Perbatasan,” katanya.

“Kegiatan kita sebagai Satgas operasi  pamputer harus bisa menjadi contoh dan dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar, hindari pelanggaran sekecil apapun dan jaga nama baik Satuan dan umumnya  TNI lebih khusus nama baik TNI-AD,” sambungnya.

Danrem juga mengingatkan kepada seluruh personel satgas untuk selalu memperhatikan faktor keamanan  laksanakan tugas sesuai SOP dan tetap  menjaga kesehatan serta selalu waspada dalam setiap melaksanakan kegiatan, seperti saat melakukan patroli dalam memantau keamanan Pulau-pulau Kecil Terluar Indonesia-Filipina.

“Ciptakan suasana yang humanis  bersama masyarakat setempat serta bangun sinergitas yang kuat  dan kokoh dengan semua instansi terkait diwilayah penugasan,  guna menciptakan situasi yang aman  dan nyaman didaerah penugasan. Sekali saya sampaikan laksanakan tugas dengan profesional dan jangan lupa  faktor keamanan menjadi prioritas utama, agar kalian kembali dengan selamat dan apabila ada hal-hal yang menonjol segera laporkan, Ingat tugas operasi adalah kebanggaan dan kehormatan setiap prajurit yang diberikan oleh negara,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kol Inf Agung Isa A. Rahman Sos ( Kasi Log Kasrem 131/ Santiago), Kol Inf Bram Pramudia SE (Kasi Intel Kasrem 131/Santiago), Letkol Kav Danny Hermawan ( Kasi ter Kasrem 131 /Santiago), Letkol Inf Aris Windarto ( Kasi Ops Kasrem 131 /Santiago), Letkol Inf  Kusnandar Hidayat S. Sos ( Waasops Kasdam /13 Merdeka).(*/gabby)

Categories: Manado

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s