Manado

Korem 131/Santiago dan PWI Sulut Kompak Gelar Donor darah & Vaksinasi C-19

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Korem 131/Santiago kembali menggelar vaksinasi Covid-19. Sebanyak 500 dosis disiapkan dalam  vaksinasi massal yang berlangsung di aula Santiago, Makorem 131/Santiago, Rabu (2/3).

Selain vaksinasi, juga digelar bakti sosial donor darah yang diikuti anggota di jajaran Korem 131/Santiago, Polda Sulut dan masyarakat.

Tidak ditargetkan berapa jumlah pendonor yang akan memberikan darahnya, namun terlihat prajurit Korem beserta jajaranya  dan masyarakat sangat antusias untuk mendonorkan darahnya dan menerima vaksinasi.

Dalam sambutanya Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis SAP MM yang dibacakan oleh Kasrem Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan, gelaran bakti sosial ini merupakan kerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional, 9 Februari.

“Terima kasih kepada Ketua PWI Sulut, Voucke Lontaan beserta pengurus dan juga semua pihak dan masyarakat yang mendukung terlaksananya kegiatan ini,” ujar Brigjen Mukhlis.

Lebih  lanjut, Danrem mengatakan bakti sosial ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI dalam mencermati berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat, khususnya dalam peningkatan kesehatan masyarakat.

Juga diharapkan kegiatan bakti sosial ini dapat menumbuhkan rasa setia kawan sehingga semakin peduli serta saling membantu antara sesama.

“Kami berharap kegiatan seperti dapat meringankan beban masyarakat agar dapat lebih mudah mendapatkan darah pada saat membutuhkan di masa pandemi Covid-19. Sedangkan program vaksinasi saat ini memang menjadi fokus perhatian semua pihak baik pemerintah, TNI, Polri dan kita semua untuk bersama-sama menekan angka terpaparnya virus Corona,” terang Danrem.

“Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan kesadaran untuk divaksin Covid-19,” sambungnya.

Program vaksinasi, memang merupakan strategi dalam perang melawan Covid-19 selain disiplin protokol kesehatan, sehingga transmisi dari penularan Covid-19 dapat berkurang karena sudah terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity di masyarakat.

TNI sebagai bagian dari elemen bangsa, terangnya, senantiasa menaruh perhatian besar terhadap kegiatan donor darah dan vaksinasi. Karena selain memiliki substansi dan nilai kebaikan yang mulia, kegiatan ini juga merupakan manifestasi dari kepedulian TNI untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya.

“TNI Angkatan Darat selalu berkomitmen untuk selalu hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat dalam kondisi dan situasi apapun serta menjadi solusi dalam setiap permasalahan,” tegas Danrem.

Danrem juga  berharap, kontribusi dan kehadiran TNI Angkatan Darat dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di dimanapun kita  bertugas dan berada.

“Kami berharap juga dalam setiap kegiatan kita selalu bersinergi dengan semua unsur terkait sehingga tugas yang kita laksanakan tercapai secara optimal demi kesejahteraan masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara,” tutup Brigjen Mukhlis.

Ketua PWI Sulut Drs Voucke Lontaan mengatakan, bakti sosial ini merupakan wujud kepedulian sosial kemanusiaan Korem 131/Santiago dan PWI Sulut, bekerjasama dengan PMI Sulut. Menurutnya, jumlah peserta dalam kegiatan ini tidak dibatasi dan terbuka untuk umum, dan dalam pantauan sangat diminati masyarakat umum.

“Ada 109 orang yang mendaftar untuk donor darah, dan sampai saat ini 81 orang yang dinyatakan bisa donor, sedangkan yang lainnya ada kendala kesehatan. Peserta yang mendonorkan darah mereka ini, berasal dari unsur TNI dan Polri serta masyarakat umum.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 dan donor darah yang digelar ini, kemudian mendapat sambutan baik dari masyarakat. Masyarakat pun tak canggung berbaur dengan anggota TNI serta tampak antusias mengikuti arahan untuk mendapatkan vaksinasi.

Meski begitu, penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak tetap dipatuhi selama pelaksanaan bakti sosial, usai menerima vaksinasi dan donor darah masyarakat pun menerima bantuan beras 5 Kg  yang diserahkan secara simbolis oleh Kasrem Kolonel Inf Hengki Yuda Setiawan dan Letkol Inf Dani Hermawan (Kasiter Kasrem 131/Stg).

Adapun tenaga vaksinasi yang terlibat adalah personil Denkesyah 13.04.01 Manado  berjumlah  20  orang  dipimpin  yang Letkol Ckm Dadan Hendayana dan tim donor darah dari PMI Sulawesi Utara dipimpin Selvia Mohede (Pengawasan Mutu PMI Sulawesi Utara).

Kegiatan ini turut dihadiri Kasi Renrem 131/Stg, para Kasi Kasrem 131/Stg, Dandim 1309/Mdo, para Dan/Kabalak Ajudam XIII/Mdk, para Kabalakrem 131/Stg, Dandenmarem 131/Stg serta pimpinan Cabang BRI Wilayah Manado dan Direktur Suzuki Marine Manado dan ketua PWI Sulut Drs. Vouke Lontaan beserta pengurus.(*/gabby)

Categories: Manado

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s