Rawan Kecelakaan, Sejumlah Warga Perbaiki Jalan Trans Sulawesi Yang Berlobang

AMURANG – Sejumlah warga berinisiatif melakukan perbaikan jalan yang sudah berlubang di sepanjang jalan trans sulawesi tepatnya di Desa Tanamon dan Desa Durian Kecamatan Sinonsayang Minahasa selatan, Selasa 1/5/18.

“Perbaikan baru di lakukan kurang lebih 3 tahun tetapi kenyataannya jalan sudah banyak yang rusak atau lobang, contohnya di sepanjang jl. trans sulawesi dari Desa Tanamon sampai Desa Durian kec Sinonsayang rusak parah, karena itu kami masyarakat berinisiatif melakukan perbaikan seadanya degan menggunakan campuran semen dan pasir serta krikil sesuai dengan kemampuan keuangan yang di dapat oleh masyarakat melalui pengguna jalan, “Ungkap seorang pemuda warga desa Poigar yg ikut membantu memperbaiki kerusakan jalan.

Terkait hal ini Hal Ketua Ormas Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) SULUT Firdaus Mokodompit angkat bicara. Kepada media ini Ia menyampaikan bahwa, kontraktor yang menjadi pemenang tender proyek ini kurang lebih 3 tahun lalu diduga ada penyelewengan baik dalam anggaran maupun pengerjaannya, buktinya baru kurang lebih 3 tahun melakukan perbaikan tapi jalan sudah rusak parah.

“Kami minta Balai Jalan atau Kementerian terkait agar mengevaluasi kembali mulai dari mekanisme tenderisasi sampai pada pelaksanaan kegiatan di lapangan, saya ingat waktu pelaksanaan kegiatan proyek di lokasi ini saya sempat menegur dan mengingatkan perusahaan melalui pengawasnya agar pekerjaannya sesuai dengan rap atau aturan yang ada, “ungkapnya.

Lanjut Mokodompit bahwa di beberapa titik pelaksanaan proyek dijalan trans sulawesi, contoh Teep, Kapitu, Tawaang Amurang, di titik titik ini sudah banyak mengalami kerusakan.

Sementara tokoh masyarakat Sinonsayang Arsid Balamba mengatakan bahwa karena jalan berlubang hingga sering terjadi kecelakaan.

“Tadi malam saja baru ada terjadi kecelakaan lalu lintas di daerah Tananon dan memang sering sekali terjadi kecelakaan di wilayah ini khususnya pengguna motor, itu penyebab kebanyakann karena jalannya yang berlobang, oleh karena itu mohon pihak yang berwenang untuk dapat memperbaiki jalan yang sudah rusak dan berlubang, “harap Balamba.

(Noldy Poluakan)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s