Ekonomi & Bisnis

BI Prediksi Penyaluran Uang di Sulut Capai Rp 2,5 T Tahun Ini

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara memprediksi, penyaluran uang di Bumi Nyiur Melambai akan mencapai Rp 2,5 triliun.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat saat dijumpai insan pers setelah membuka giat penukaran uang di Bank Indonesia Kantor Lama, Senin(16/12).

Menurut Arbonas, angka tersebut meningkat dengan presentase 16,1 persen per tahun di bulan Desember.

“Pada dasarnya, BI telah siap memenuhi kebutuhan uang rupiah menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 melalui peningkatan distribusi uang,” katanya.

Untuk meningkatkan distribusi uang, dirinya menyebutkan dari bank sentral akan mengoptimalkan peran kas titipan, kas keliling, dan jaringan bank serta non bank. Yang bertujuan untuk menjangkau masyarakat di tingkat kecamatan dan desa, melalui layanan penukaran dan program ‘BI Jangkau’.

Diketahui, layanan penukaran uang telah dimulai sejak pekan pertama di bulan Desember, dengan jumlah 114 titik layanan penukaran.

“Nah hari ini, BI telah bekerja sama dengan bank umum dan bank perkreditan rakyat untuk melayani penukaran uang rupiah bersama di Kantor Bank Indonesia Lama, Kota Manado. Layanan itu nanti berlangsung 16 Desember hingga 20 Desember 2019. Dan ini merupakan kegiatan rutin dari BI setiap tahun. Khusus Sulut, layanan penukaran uang bersama dilakukan setahun dua kali yakni menjelang Lebaran serta Natal dan Tahun Baru,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang lokasinya termasuk dikepulauan, Arbonas menyampaikan BI tetap menyiapkan layanan.

“Diantaranya, Kas Titipan BI di Kota Kotamobagu, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan Kabupaten Kepulauan Sangihe,” sebutnya.

Ditempat yang sama, Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan, dan Administrasi Kantor Perwakilan BI Sulut Haratua Pangabean menambahkan dalam program penukaran bersama di Kantor Bank Indonesia Lama, setiap bank menyiapkan uang tunai Rp190 juta.

“Masyarakat dapat menukarkan hingga Rp3,7 juta setiap orang,” tambahnya.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s