Ekonomi & Bisnis

Gelar Customer Gathering, BPJamsostek Kenalkan Nama Baru dan Peningkatan Manfaat

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan menggelar Customer Gathering bagi para mitra perusahaan yang tersebar dibeberapa daerah Kabupaten/kota, di Hotel Peninsula Manado, Selasa(17/12).

Kepala Cabang BPJamsostek Manado melalui Kepala Bidang Kepesertaan Adisafa C menuturkan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dari BPJamsostek untuk perusahaan yang karyawannya telah menjadi peserta dari BPJamsostek.

Dalam kesempatan itu pun, Adi juga mensosialisasikan beberapa program BPJamsostek, termasuk didalamnya penggunaan panggilan terbaru yang kini telah diubah menjadi BPJAMSOSTEK.

“Kami merupakan badan penyelenggara yang bertugas untuk menambah manfaat bagi peserta pengaman sosial ketenagakerjaan. Yang saat ini sesuai dengan tema kita ‘Tumbuh Bersama Pekerja Indonesia’, manfaat juga telah mengalami kenaikan seperti nilai Jaminan Kematian yang naik dari Rp24 juta menjadi Rp42 juta per peserta.

“Nah, khusus untuk beasiswa bagi peserta anak, Jaminan yang meninggal dunia berjumlah Rp 12 juta. Dari satu anak menjadi dua anak hingga kuliah. Jadi kalau dihitung-hitung nilai pertanggungannya mencapai Rp174 juta,” sebutnya.

Dikatakannya pula, BPJamsostek hadir bukan untuk mencari keuntungan. Melainkan sebaliknya, mendukung gotong royong, yang bertujuan untuk mengatir dana yang bermanfaat bagi para peserta,” tambahnya.

Terkait dengan panggilan nama yang sekarang telah berubah dari BPJS Ketenagakerjaan menjadi BPJamsostek, tujuannya agar mitra dan pemerintah, termasuk juga masyarakat dapat lebih mudah membedakan dengan yang lain.

“Panggilannya memang berubah, namun kami tetap masih memiliki program yang sama diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, dan Jaminan Pensiun,” sebutnya.

Diketahui, kegiatan tersebut juga mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut. Dimana, Pemerintah Provinsi Sulut pun menegaskan kepada seluruh perusahaan di Sulut, untuk mengikutsertakan pekerjanya. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Erni Tumundo, Selasa,(17/12).

Menurut Erni, misi dari BPJamsostek untuk melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya, mengandung arti dalam pelayanannya kepada masyarakat, bukan hanya menjangkau tenaga kerjanya saja tetapi memberikan perlindungan paripurna kepada keluarga.

“Sebagai peserta ketika manfaat yang diterima dari sisi nilai dapat penambahan. Sebagai umat manusia, kehidupan kita apa yang akan terjadi ke depan bukan kewenangan kita tapi otoritas Tuhan. Karena itu harus dipikirkan juga ketika ditimpa musibah bagaimana dengan keluarga kita. Atau jika sakit bagaimana dengan biaya pengobatan,” katanya.

Untuk itulah, dirinya mengimbau kepada perusahaan yang belum mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJamsostek, agar segera mendaftarkannya.

“Apa sebab? Karena tenaga kerja itu adalah aset perusahaan. Bila tenaga kerja merasa nyaman dengan adanya perlindungan itu, maka produktivitas akan meningkat juga,” tegas Dia.

Diketahui, dalam kegiatan itu juga, BPJamsostek turut memberikan penghargaan kepada beberapa perusahaan yang tertib administrasi melaporkan kepesertaan.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s