Minahasa

Pemberlakuan Pasar Tondano Bakal Buka Tiap Hari, Pemda Bersama TNI-POLRI Lakukan Peninjauan dan Sosialisasi

Minahasa – Pasar Tondano yang terletak di Jantung Kota Tondano dan merupakan Pusat Perbelanjaan Masyarakat di Daerah Kabupaten Minahasa, tepatnya di Kelurahan Wawalintouan Kecamatan Tondano Barat, selama Pandemi Covid-19, Aktivitas Jual Beli yang dulunya buka setiap hari berubah menjadi dua kali dalam seminggu, sebagai upaya Pemerintah Daerah guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona agar tidak semakin menyebar.

Setelah kurun waktu beberapa bulan ditengah Pandemi Covid-19, Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Aparat TNI-POLRI dalam hal ini Satuan Komando Distrik Militer ( Kodim ) 1302/Minahasa dan Kepolisian Resort ( Polres ) Minahasa melalui Komando Rayon Militer ( Koramil )-01/Tondano dan Kepolisian Sektor ( Polsek ) Tondano melakukan Peninjauan Ulang dan Sosialisasi guna memberlakukan kembali aktivitas Pasar dibuka tiap hari.

Peninjauan dan Sosialisasi yang dilakukan di pasar Tondano pada Jumat ( 05/06/2020 ) pukul 09.00 wita tersebut, Pelda ( Pembantu Letnan Dua ) Danny Saraun selaku Plh. Danramil ( Pelaksana Harian Komandan Rayon Militer )-01/Tondano yang belum lama menjabat di Wilayah Tondano saat ini, kepada Media Center Kodim mengatakan,

“Sesuai dengan Penyampaian dari Asisten-1 Kabupaten Minahasa DR. Deny Mangala, bahwa pada Senin ( 08/06/2020 ) kegiatan Ativitas di Pasar Tondano akan dibuka kembali setiap harinya, dan sebelum dibuka, Dinas Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Minahasa akan melakukan penyemprotan Disinfektan pada pukul 05.00 wita subuh di Seputaran Pasar, “Kata Pelda Saraun menerangkan.

“Dan untuk Para Penjual akan diberlakukan Nomor Ganjil dan Nomor Genap dengan komitmen setiap Pemilik Lapak akan mendapatkan satu Nomor dalam menjualkan dagangannya, serta diwajibkan menggunakan masker bagi Penjual maupun Pembeli sesuai dengan protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 yang sedang mewabah saat ini, dan untuk akses keluar masuk Pasar akan diberlakukan dua Pintu guna mengurangi antrian yang panjang selama aktivitas Pasar berlangsung “Tuturnya menjelaskan.

Hadir dalam kegiatan saat itu diantaranya, Asisten-2 Kabupaten Minahasa Ir Wenny Talumewo, Kadis Kesehatan Minahasa Dr. Maya Rambitan, Kaban Penanggulangan Bencana Ir. Ade Lontaan, Kasat Pol-PP Minahasa Meidi Rengkuan SH, M.Ap, Kadis Perhubungan Hengki Kaunang SH, Camat Tondano Barat Robert Ratulangi, S.Pd, MM, Plh Danramil 1302-01/Tondano Pelda Danny Saraun, Kapolsek Tondano AKP. N. Posumah, Para Lurah Tondano Barat beserta Perangkat, Babinsa dan Babinkamtibmas. ( JS/CT ).

Categories: Minahasa

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s