Minahasa Utara

Sinergi BRI-TNI AD, Gelar Vaksinasi dan Salurkan BPUM, KUR ke Warga Minut

SULUTNEWSTV.com, MANADO – PT Bank Rakyat Indonesia Kanwil Manado dengan TNI Angkatan Darat (AD) dalam hal ini Korem 131/Santiago bersinergi mensukseskan program vaksinasi di Kantor Camat Dimembe Kabupaten Minahasa Utara.

Tidak hanya menggelar vaksinasi, dalam kesempatan itu pun, BRI-TNI AD bersinergi menyalurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke pengusaha UMKM yang ada di Minut, Kamis(9/9).

Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, S.H menuturkan sebanyak 1.500 warga yang diharapkan bisa ikut vaksinasi.

“Jadi saat ini, bersama BRI, kita sedang melaksanakan vaksinasi di Kecamatan Dimembe. Dan diharapkan, hari ini 1500 warga yang bisa ikut,” ungkap Putong.
Putong bilang, masyarakat terlihat sangat antusias untuk melakukan vaksinasi baik tahap 1 dan 2.

“Bisa dilihat dari laporannya, jumlah yang kita harapkan sudah mendekati. Tentu, terimakasih juga kepada Ibu Camat yang sudah turut membantu. Sehingga masyarakat sudah menyadari betapa pentingnya untuk melakukan vaksin,” katanya.

Untuk dosis vaksin sendiri, lanjut dia, didapatkan dari pemerintah.

“Kita bersinergi dengan Polda juga. Tenaga-tenaga vaksinasi kita dari dinas kesehatan dan ada juga dari Polda, dari Korem, Kodam yang terlibat,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu pun, dirinya mengucapkan banyak terimakasih kepada BRI, yang sudah turun langsung melihat efek dari pada pandemi Covid-19, dengan membawa program Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada masyarakat khususnya yang ada di Kecamatan Dimembe, Minut.

“Terimakasih Pak John dan BRI sudah membawa program kredit usaha rakyat (KUR) kepada masyarakat. Sehingga mereka diberikan pinjaman bantuan modal dengan kredit ringan tanpa jaminan dan bisa membantu perekonomian masyarakat di dunia,” ungkap nya lagi.

Ditempat yang sama, Pemimpin Wilayah BRI Manado menyampaikan terimakasih atas kesempatan kepada BRI sehingga sudah mau bersinergi.

“Jadi apa peran BRI? Pertama pemerintah itu punya program yang namanya pemberdayaan ekonomi nasional (PEN) dalam rangka menguatkan perekonomian masyarakat yang terdampak covid 19. Salah satu yang paling utama, yaitu menyalurkan kredit usaha rakyat. Jadi kredit yang ditawarkan ini syaratnya sangat ringan. Bunganya sangat rendah. Hanya 6 persen 1 tahun. Tujuannya apa? Dengan beban bunga yang lebih rendah dengan syarat yang lebih sederhana masyarakat pengusaha kecil ini yang bisa kita berikan tambahan modal untuk memperkuat usaha mereka,” jelas John.

Intinya dari pada itu, John bilang, pengusaha kecil ini naik kelas.

“Nanti pada saat mereka lebih mampu kita akan tetap dukung. Dan saat modal usahanya kuat, punya akses pemasaran dan juga dia bisa mempekerjakan tenaga kerja yang lebih banyak sehingga ini di samping mengentaskan kemiskinan juga menciptakan lapangan kerja baru. Itu yang paling penting,” kuncinya.

Diketahui, hingga Agustus 2021 BRI menyalurkan KUR sebesar 800 miliar dari 1,7 Triliun dan dana PEN 288 miliar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dirbinmas Polda Sulut Kombespol Dumadi, Para Kasi Kasrem 131/Santiago, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Benny Lesmana, Dandenkesyah 13.04.01 Manado Letkol Ckm Alfrits Sengka, Kapolsek Dimembe Iptu Fadhly S,Tr.k MH, Dandenhubrem 131/Stg Letkol Chb Ni Nengah Gunasih,  Kapenrem 131/Santiago Mayor Inf Saul Malangkas dan Camat Dimembe Ibu Ansye Dengah.(gabby)

Categories: Minahasa Utara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s