Manado

Danrem 131/Santiago Ziarah dan Tabur Bunga ke TMP Kairagi, Peringati Hari Pahlawan

Manado, SULUTNEWSTV.com – Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Meyer Putong menghadiri kegiatan Ziarah Nasional dan Tabur Bunga dalam rangka memperingati hari Pahlawan Nasional ke-76  tahun 2021, Rabu (10/11) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Weru, Manado.

Adapun kegiatan ziarah nasional dan tabur bunga ini bertujuan untuk menghormati dan mengenang jasa jasa arwah para pahlawan yang telah gugur dalam merebut dan membela serta mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kegiatan Ziarah dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Drs. Steven O.E. Kandouw yang bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup) itu diawali dengan parade penghormatan kepada arwah para pahlawan kemudian dilanjutkan dengan peletakkan karangan bunga dan tabur bunga oleh seluruh rombongan ziarah di atas makam para pahlawan.

Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong saat ditemui usai kegiatan mengatakan ziarah nasional dan tabur bunga ini bertujuan untuk menghormati dan mengenang jasa perjuangan  para pahlawan yang telah gugur dalam merebut dan  mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakan kesadaran madyarakat agar mau meneladani dan mengimplentasikan nilai nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari hari,” kata Danrem.

Lebih lanjut Danrem mengatakan bahwa saat ini, Indonesia telah dikaruniai kemerdekaan dengan suasana yang lebih baik dari pada masa perjuangan yang dialami para pendahulu.

“Olehnya karena itu diharapkan kita bisa mengisi kemerdekaan secara maksimal, Terutama bagi generasi muda dan seluruh generasi penerus bangsa ini,” ungkapnya.

Danrem juga menambahkan masa depan Bangsa Indonesia berada ditangan generasi muda Bangsa ini.

“Indonesia memiliki cita-cita luhur yang harus selalu diperjuangakan, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Kita harus mengisi kemerdekan dengan hal-hal yang positif, bukan dengan hal hal yang negatif sehingga dapat  merusak tatanan hidup bangsa dan rasa  persatuan dan kesatuan masih banyak hal positif yang dapat kita lakukan untuk mengangkat nama harum bangsa kita,” jelasnya.

Pada kegiatan Ziarah memperingati hari pahlawan tahun 2021 tersebut selain dihadiri Danrem 131/Santiago turut juga hadir Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi (Kasdam XIII/Merdeka), Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir. S.I.K., M.T.C.P., (Wakapolda Sulawesi Utara) Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo S.E. (Komandan Lanud Sam Ratulangi), dr. Fransiskus Silangen, SpB,KBD (Ketua DPRD Prov. Sulawesi Utara), A. Dita Prawita Ningsih, SH. MH., (Kajati Sulawesi Utara) Kolonel Laut (P) Mai Pasuna Sihombing (Wadan Lantamal VIII/Manado) dan Para pejabat Eselon 2 Provinsi Sulawesi Utara.

Selama kegiatan ziarah berlangsung tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.(gabby)

Categories: Manado

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s