Minahasa

Pemkab Minahasa Gandeng KPK RI Bahas Penertiban Aset Danau Tondano

MINAHASA – Kepala Satuan Tugas Wilayah IV Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) Wahyudi kunjungi Kabupaten Minahasa dan bahas pemulihan dan penertiban aset yang ada di Minahasa khususnya Danau Tondano.

Menurut Wahyudi, Danau Tondano adalah aset pemerintah yang harus dijaga jangan sampai didapati kerugian negara didalamnya.

” Kenapa KPK urusi danau tondano?,karena KPK adalah anak reformasi dan kita akan lebih fokus pada kerugian negara. Kita konsen pada pemulihan dan penertiban aset,” kata Wahyudi dalam Focus Group Discussion (FGD) mengenai Pemulihan dan Penertiban Aset dalam hal ini Danau Tondano, Selasa (15/06) di Aula Benteng Moraya Tondano.

Alasan lain dijelaskannya, jangan sampai aset milik negara ini diambil alih pihak lain dengan memanfaatkan masyarakat dipesisir danau.

” Kami saat ini tidak saja hanya ingin mendampingi dan menginterfensi terkait danau tondano, Konsen kami adalah pemulihan dan penertiban agar aset terjaga dan tidak dikuasi pihak lain dan mengakibatkan kerugian negara. Selain itu mengenai pendapatan, apalagi yang melakukan usaha didanau tondano tidak memiliki ijin yang ternyata sama sekali tidak memberikan pemasukan PAD ( Pendapatan Asli Daerah).Kedepan kami akan menetapkan empat poin administrasi pencatatan dan legalitas dari danau tondano yakni Penguasaan Danau, Sengketa Hukum, Optimalisasi juga terkait pemanfaatan Danau, ” jelasnya.

” Kami berterimakasih kepada pak Bupati dan pak Wakil Bupati yang sudah menjaga danau Tondano, kita harus kerja sama, apabilah tondano berhasil ini akan menjadi keberhasilan nasional dan akan ditiru daerah lain.Kita perlu menyatukan langkah untuk danau tondano bisa lebih baik ke depannya,juga kita harus meminta maaf kepada masyarajat karena sudah lama negara tidak hadir,” ujar Wahyudi.

Dr. Bupati Royke Octavian Roring sendiri mengatakan, kehadiri KPK membawa dampak positif dalam penanganan Danau Tondano.

” Supaya ini tidak menjadi bencana di kemudian hari, untuk itu apa yang dilakukan oleh BPK RI hari ini akan membawa dampak positif bagi keberadaan danau tondano kedepan,” terang Bupati

Dijelaskannya, keberadaan danau tondano banyak dimanfaatkan sebagai sumber dana oleh para pengusaha tetapi tidak mendatangkan PAD bagi Kabupaten Minahasa.

“Banyak hal yang menguntungkan tapi banyak hal yang merugikan dari sumber dana daerah di danau ini, banyak karamba-karamba yang kita sulit untuk menagi pajak ,banyak bangunan-bangunan sekeliling yang kita tidak dapat mengeluarkan IMB ( Ijin Mendirikan Bangunan) dan tidak mendapatkan pendapatan dari itu,” jelasnya.

Namun pun lanjut ROR sapaan akrabnya ini, kepedulian pemerintah dalam melestarikan danau tondano sangat besar.” Dalam pola penganggaran untuk danau tondano ini banyak sektor yang sudah masuk disamping dari kementerian PUPR, lewat balai sungai, pak Gubernur juga tidak tanggung – tanggung menganggarkan sampai pengadaan lima eksavator beserta operasionalnya dan tahun lalu kita kita menganggarkan hampir 4 miliar untuk pembersihan eceng gondok, sementara dari TNI menganggarkan 1 miliar,” paparnya.

Langkah lain Pemkab Minahasa dalam menyelamatkan danau tondano ini, urai Bupati yakni pelarangan reklamasi danau, dan mempercepat penerbitan Perda ( Peraturan Daerah) Sonasi.

” Melarang terjadinya reklamasi di wilayah danau,sambil kita menunggu penataan dan penertiban usaha jaring ikan juga pemukiman di pesisir danau dengan penerbitan perda sonasi yang nantinya berubah menjadi perda pengendalian wilayah danau,” pungkasnya.

Turut hadir dalam FGD itu, Wakil Bupati, Dr. (HC) Robby Dondokambey, MM Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, Ir. Bastari, M.Eng, Sekda, Frits Muntu, S.Sos, Asisten II, Ir. Wenny Talumewo, Kepala OPD dan Camat di seputaran Danau Tondano, Kepala Kantor BPN/ATR Minahasa, Alex Wowiling, Kabag Prokopim, Johnny Tendean, AP, MAP dan Kabag Umum, Lona Wattie, SSTP serta dari Ditjen Kekayaan Negara. (CT)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s