Manado

DPRD Sulut Dukung BPTP, Kembangkan Program Tingkatkan Penghasilan Petani

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Balai Penerapan Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sulawesi Utara terus mengembangkan inovasi pertanian untuk meningkatkan penghasilan petani.

Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan lahan perkebunan kelapa dengan menanam tanaman lain. Program yang sudah diujicoba di empat kabupaten di Sulut ini pun mendapat dukungan dari DPRD Sulut.

Untuk itulah, BPTP Balitbangtan Sulut menggelar Forum Group Discussion (FGD) bersama-sama dengan inflasi terkait, guna mendapatkan masukkan agar program boleh berjalan dengan baik di Kantor DPRD Provinsi Sulut, tepatnya di ruang kerja Wakil Ketua I Victor Mailangkay, Kamis (5/12).

“FGD ini tidak hanya menghasilkan rumusan yang kemudian ditaruh di rak buku. Tetapi hasil dari FGD ini harus mempengaruhi kebijakan Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah kabupaten/kota dalam upaya percepatan pencapaian program Operasi Daerah Selesaikan Masalah atau ODSK,” kata Wakil Ketua I DPRD Provinsi Sulut Victor Mailangkay kepada SulutNewsTV.com.

Dirinya pun mengatakan hasil dari FGD yang dibahas akan dirapatkan dengan komisi II sebagai tindak lanjut yang nantinya akan sejalan dengan program ODSK tentunya.

“Dan tentunya tujuan dari pembahasan ini, adalah bagaimana kita bisa memberdayakan petani kelapa yang pada umumnya masih berada di bawah garis kemiskinan, menjadi petani kelapa yang berada di atas garis kemiskinan,” tuturnya.

“Ada pemikiran, lahan di bawah pohon kelapa ditanami tanaman yang tidak mengganggu prduksi kelapa. Tanaman tersebut bisa buah-buahan sehingga penghasilan petani tidak saja hanya berasal dari kelapa, tetapi juga dari buah-buahan,” tambahnya.

Disebutkannya, langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memberdayakan petani kelapa. Pertama adalah mencari tanaman buah yang cocok dengan struktur tanah. Kedua mencari bibit unggul, dan ketiga bagaimana membuat tanaman tersebut cepat tumbuh supaya cepar berproduksi. Selanjutnya langkah keempat adalah bagimana memfasilitasi agar petani bisa mendapatkan Krediut Usaha Rakyat (KUR) untuk mengerjakan program tersebut.

Dan yang kelima adalah, setelah produksi, di mana produk tersebut akan dipasarkan. Di sini peran Disperindag Sulut untuk membantu memasarkan produk tersebut. Sebab kalau sudah berproduksi tetapi tidak bisa dipasarkan, tentu akan percuma.

Ditempat yang sama, Ahli Peneliti Utama BPTP Balitbangtan Sulut, Ir Jantje G. Kindangen, MS menjelaskan saat ini petani kelapa hanya memperoleh penghasilan sekitar 1,6 juta setiap hektare per kuartal.

“Jumlah ini tentu sangat sedikit. Kami dari BPTP Balitbangtan Sulut telah mengembangkan program memberdayakan lahan perkebunan kelapa untuk meningkatkan penghasilan petani. Program tersebut telah diujicoba di empat kabupten di Sulut, yakni Kabupaten Minsel, Mitra, Minut dan Sangihe dan mendapat sambutan yang baik,” jelas Kindangen.

Sementara, Kepala BPTP Dr. Yusuf, MP memberikan apresiasi kepada DPRD Sulut melalui Wakil Ketua Victor Mailangkay dan berharap FGD ini dapat memberikan masukan untuk pengembangan peningkatan pertanian kedepan di Sulawesi Utara.

“Sebagai sumber inovasi teknologi, BPTP Sulut sudah menghasilkan banyak inovasi teknologi pertanian. Bukan hanya petani kelapa, tapi untuk pertanian secara umum, namun relatif belum optimal kinerjanya,” tambahnya.

Untuk itu Yusuf optimis dukungan Dewan sebagai representasi rakyat Sulawesi Utara, inovasi teknologi yang dihasilkan anak bangsa dapat berkontribusi pada program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK).

Adapun giat FGD ini dihadiri oleh Ir.Paulus C.Paat, MP. (Ahli Peneliti Utama) It.Gabriel H. Joseph,MSi. Dr.Ir.J.B.M.Rawung, MSi. (Ketua Program) Victor D.Tutud,MSi. (Kasie KSPP) Arnold C.Turang,SP.(Penyuluh Pertanian-Humas) Ir.Jeaneke Wowiling (Penyuluh Ahli Utama).(gabby)

Categories: Manado, Pemerintahan, Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s