Tomohon

Show Window Akan Budidayakan Gladiol Varitas Holland

Tomohon – Show Window milik Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mulai memikat dunia. Sukses mengembangkan budidaya Bunga Krisan, UPTD Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (Distanakan) Kota Tomohon ini, siap berinovasi melakukan pengembangan Bunga Gladiol varitas terbaik di dunia.

Itu mencuat setelah investor Belanda menyambangi Kota Bunga, beberapa waktu yang lalu. Dalam kunjungan tersebut, investor ini mengaku ketertarikan mereka untuk bekerjasama dengan Pemkot Tomohon dalam pengembangan Bunga Gladiol. Tak tanggung-tanggung, investor siap memberikan puluhan ribu bibit unggul Bunga Gladiol kepada Distanakan untuk dikembangkan di Show Window.

“Dari kunjungan tersebut, rencananya investor akan membantu sebanyak 10 ribu bibit gladiol untuk petani bunga. Sekitar 5 ribu akan dipanen saat Paskah 2017 mendatang. Karena, diyakini kebutuhan masyarakat terhadap bunga pada saat itu, mengalami peningkatan,” jabar Ir Ervinz HD Liuw MS, Kepala Distanakan, belum lama.

Selain pihaknya, sebut Liuw, investor Belanda akan merangkul Asosiasi Bunga Indonesia (Asbindo) Kota Tomohon serta petani bunga, dalam pengembangan produk unggulan tersebut. “Ini merupakan peluang besar yang harus diseriusi pemerintah dan petani bunga. Ini menjadi langkah awal Kota Tomohon dalammenghasilkan Bunga Gladiol unggul seperti di Belanda,” jelasnya.

Dalam lawatan itu, Liuw juga memberikan gambaran terkait iven kelas dunia yang setiap tahun digelar Kota Tomohon, yakni Tomohon International Flower Festival (TIFF). “Kami berharap kegiatan internasional ini dapat disukseskan para investor bunga dari Belanda sehingga lebih menghidupkan nuansa ‘pesta bunga’ di Tomohon tahun 2017 mendatang,” lugas Liuw.

Untuk diketahui, dalam pengembangan bungan potong Gladiol varitas Holand ini, sejumlah investor dari Belanda begitu antusias. Diantaranya, Maarten Smit dan Kees. “Veritas Holland dapat dikembangkan menjadi beberapa warna,” ungkap keduanya.

“Stuktur tanah yang dimiliki Kota Tomohon sangat cocok untuk pengembangan bunga potong Gladiol veritas Holland,” imbuh mereka.

(Christian)

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s