Jadi Narsum Rakor Kehumasan, Lantang Ingatkan Hal Ini

MANADO – Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi informasi terus terjadi diberbagai belahan serta pelosok bumi, termasuk di Bumi Nyiur Melambai.
Dikatakan Kepala Biro Protokol dan Humas Pemprov Sulut Dantje Lantang, saat ini teknologi informasi sangat berkembang begitu cepat. Mulai dari cetak, elektronik bahkan saat ini sudah mulai meramba kedunia digitalisasi. Termasuk juga, dengan munculnya media online dan media sosial berbasis internet. Yang menurut dia, setiap individu bisa memanfaatkan media tersebut dengan mengunggah tulisan, video dan lain-lain.


“Nah tentunya, hal ini dapat berimplikasi positif dan negatif,” ungkap Lantang saat menyampaikan materi pada kegiatan Rapat Koordinasi Kehumasan, di aula rumah dinas Walikota Tomohon, Selasa(12/11).
Dalam kesempatan itu pun, Lantang menyampaikan materi terkait peran Humas Pemerintah dalam mengantisipasi berita hoax.
“Pengaruh positif perkembangan teknologi informasi ini antara lain dapat menyampaikan dan memperoleh informasi yang cepat serta berguna bagi kehidupan manusia maupun lingkungan. Serta dapat mempermudah berinteraksi tanpa harus tatap muka,” katanya.
Namun, kata dia perkembangan teknologi informasi ini dapat juga memberikan efek negatif.


“Terutama apabila media sosial dimanfaatkan untuk hal-hal yang melanggar hukum yang diatur dalam UU ITE. Contohnya berinteraksi di internet dengan konten hoax atau berita bohong yang bisa menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat,” uraimya.
Dirinya pun menambahkan, sudah menjadi keharusan bagian Humas pemerintah untuk melakukan langkah preventif dalam mengantisipasi hoax.
“Langkah preventif dilakukan dengan melakukan literasi digital pada masyarakat agar bijak dan cerdas dalam menggunakan media online dan media sosial agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang Iain.


Literasi digital tidak hanya sekadar menunjukkan bahwa setiap orang bisa menggunakan medsos dan media-media internet lainnya. Namun juga bijak dalam memanfaatkan teknologi informasi. Literasi digital juga menuntut setiap pengguna untuk bertanggungjawab terhadap konten di medsos. Da|am artian ketika mendapatkan informasi di medsos dapat dicek terlebih dahulu untuk memastikan kebenarannya,” tambahnya menjelaskan.
Diketahui, dalam diklat tersebut hadir pula Walikota Tomohon Jemmy Eman serta para pejabat lingkup pemkot Tomohon.(gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s